HARIANHALUAN. Id – Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Padang menerima kunjungan studi tiru dari Kankemenag Kota Padang Sidimpuan, Senin (7/7) di Aula Kemenag Padang. Kunjungan ini bertujuan untuk mempelajari pengelolaan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) sebagai bagian dari upaya mewujudkan birokrasi yang modern, transparan dan melayani.
Rombongan dari Kankemenag Padang Sidimpuan dipimpin Kakankemenag didampingi para pejabat struktural dan pengelola layanan. Rombongan disambut Kakankemenag Padang, Edy Oktafiandi, beserta jajaran.
Dalam sambutannya, Kakankemenag Padang, Edy Oktafiandi, menyampaikan apresiasi atas kunjungan tersebut dan menekankan pentingnya semangat berbagi praktik baik dalam mendukung reformasi birokrasi.
“Kami menyambut baik kunjungan ini sebagai bentuk sinergi dan kolaborasi antar instansi. PTSP yang kami jalankan adalah hasil komitmen bersama seluruh ASN dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,” ujar Edy.
Selama kunjungan, rombongan diajak melihat operasional PTSP Kankememenag Padang, mulai dari sistem antrean digital, meja layanan berbasis SOP, hingga aplikasi pendukung pelayanan. Para peserta juga berdiskusi interaktif tentang inovasi pelayanan serta kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan PTSP menuju birokrasi modern.
Kakankemenag Padang Sidimpuan, Erwin Kelana Nasution, menyatakan kunjungan tersebut sangat bermanfaat dan akan menjadi inspirasi dalam penguatan layanan di wilayah mereka.
“Kami berharap melalui studi tiru ini, kami bisa mengembangkan sistem PTSP yang lebih efektif dan efisien di Padang Sidimpuan,” katanya.
Ditambahkannya pelayanan PTSP Kankemenag Padang dapat menjadi model dalam mewujudkan birokrasi modern dan berorientasi pada kepuasan masyarakat.
“Kami melihat langsung bagaimana kualitas pelayanan yang diberikan. Inilah yang ingin kami adopsi dalam memperkuat komitmen menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) tahun depan,” s butnyanya optimis.
Kegiatan ditutup dengan penyerahan cenderamata dan foto bersama sebagai simbol sinergi antar Kankemenag daerah dalam mewujudkan pelayanan publik yang unggul. (aye)














