AGAM, HARIANHALUAN.ID – Di era digitalisasi saat ini, kemudahan akses pelayanan menjadi kebutuhan utama masyarakat, termasuk dalam bidang pelayanan kesehatan.
Menjawab tantangan tersebut, BPJS Kesehatan menghadirkan inovasi layanan BPJS Online yang bertujuan untuk menjangkau peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), di wilayah yang memiliki keterbatasan akses geografis. Salah satu daerah yang merasakan manfaat layanan tersebut adalah Nagari Malalak Barat, Kabupaten Agam.
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi, Haris Prayudi menyampaikan layanan ini merupakan bagian dari upaya digitalisasi dalam peningkatan layanan kepada peserta JKN.
“BPJS Online merupakan solusi bagi peserta JKN yang tinggal di daerah dengan akses terbatas. Kami menyadari bahwa tidak semua wilayah dapat dijangkau oleh mobil layanan BPJS keliling kami, sehingga dibutuhkan kanal alternatif yang bisa menjawab kebutuhan masyarakat secara langsung namun tetap efisien,” ujar Haris, Selasa (5/8/2025).
Dijelaskannya, melalui layanan BPJS Online, masyarakat tidak lagi harus menempuh perjalanan jauh atau menghadapi kendala transportasi demi mendapatkan layanan administrasi JKN.
Cukup datang ke kantor nagari, peserta akan dilayani oleh petugas BPJS Kesehatan melalui media video conference, seperti zoom dengan pendampingan dari perangkat nagari setempat.
“Cukup sederhana, pada intinya PIC nagari akan kami jadwalkan sesuai dengan kesepakatan antara BPJS Kesehatan dengan pihak nagari, lalu akan ada petugas kami yang siap melayani masyarakat di daerah tersebut melalui zoom meeting,” kata Haris.
Ia menjelaskan bahwa pelaksanaan layanan BPJS Online dimulai dengan adanya Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara BPJS Kesehatan dengan pemerintah nagari atau kelurahan.
Setelah kesepakatan terjalin, jadwal pelayanan disosialisasikan oleh pihak nagari, dan peserta cukup hadir di kantor nagari pada waktu yang telah ditentukan.














