PADANG, HARIANHALUAN.ID – Pemerintah Kota (Pemko) Padang melalui Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) menganggarkan Rp1,6 miliar untuk belanja media pada tahun ini. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan tahun lalu. Pemko Padang mendorong media untuk pemberitaan yang berimbang.
“Tahun lalu anggaran untuk belanja media hanya sebesar Rp1,2 miliar. Alhamdulilah pada tahun ini meningkat dibandingkan tahun lalu,” ujar Kepala Bagian (Kabag) Prokopim Pemko Padang Tomy TRD, Jumat (29/8) kemarin.
Lebih jauh dikatakan Tomy, bahwa belanja media tersebut digunakan untuk pemberitaan berupa pariwara, advetorial dan berita. Untuk itu Prokopim Pemko Padang melakukan kerja sama dengan media lokal maupun media nasional.
“Kami melakukan kerja sama tersebut tidak hanya dengan media cetak saja, namun juga dengan media online, radio dan TV,” katanya.
Untuk melakukan kerja sama, media tersebut harus memenuhi persyaratan yaitu berbadan hukum. “Yang pastinya harus berbadan hukum. Sedangkan untuk yang terverifikasi dewan pers tidak terlalu begitu. Sebab ada yang beralasan mereka sedang melakukan verifikasi dan itu menyusul diberikan,” katanya.
Saat ini ada puluhan media yang melakukan kerja sama dengan Pemko Padang, baik cetak maupun digital. “Media online itu sebanyak 86, cetak 10, radio dua dan satu tv. Itu sudah masuk dalamnya media lokal dan nasional,” ujarnya.














