PADANG, HARIANHALUAN.id–Banjir bandang melanda sejumlah wilayah di Kota Padang Sumatera Barat Kamis (27/11).
Hujan deras berintensitas tinggi menyebabkan rumah warga terendam, menimbulkan korban jiwa, dan memaksa sebagian warga mengungsi ke lokasi yang lebih aman.
Merespons kondisi tersebut, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) BRI Peduli menyalurkan bantuan tanggap bencana kepada masyarakat terdampak.
Bantuan yang disalurkan berupa satu unit perahu karet lengkap dengan pelampung yang diserahkan langsung ke Posko Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang.
Selain itu, BRI Peduli juga mendistribusikan ribuan paket makanan cepat saji untuk warga terdampak, khususnya di wilayah Lubuk Minturun, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang.
Penyaluran bantuan dilakukan oleh Tim Satuan Tanggap Bencana “Tim Elang Relawan BRI” melalui unit kerja BRI terdekat di wilayah terdampak banjir.
Bantuan ini difokuskan untuk mendukung proses evakuasi dan memenuhi kebutuhan dasar warga di masa tanggap darurat.
Regional Chief Executive Officer (RCEO) BRI Region 3 Padang, Riza Pahlevi, menyampaikan bahwa langkah ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial perusahaan dalam situasi bencana.
“Kami memastikan masyarakat yang terdampak bencana banjir mendapatkan bantuan yang dapat meringankan beban mereka dan mempercepat pemulihan pascabencana,” kata Riza dalam keterangan tertulis.
BRI juga berkoordinasi dengan BPBD serta berbagai pihak terkait dalam proses distribusi bantuan agar tepat sasaran dan menjangkau wilayah yang paling membutuhkan.
Menurut Riza, BRI secara aktif terlibat dalam kegiatan kemanusiaan melalui program BRI Peduli di berbagai daerah yang terdampak bencana.
“Kami pastikan BRI selalu aktif dan bergerak cepat menyalurkan berbagai bantuan bagi warga terdampak bencana yang melanda beberapa wilayah di Indonesia dan membantu mempercepat pemulihan pascabencana,” tegasnya.(h/ita)














