Untuk mewujudkan pembelajaran paradigm baru, berdiferensiasi dan terpusat pada siswa, maka sekolah wajib melaksanakan tahapan dan perencanaan pembelajaran dalam kurikulum ini.
Apa saja hal yang harus dipersiapkan dalam penerapan Kurikulum Merdeka ini? Ada beberapa langkah dan tahapan yang harus dilakukan oleh seorang guru, diantaranya adalah pertama menganalisis CP(Capaian Pembelajaran), TP (tujuan pembelajaran), dan ATP (Alur Tujuan Pembelajaran).
CP harus dipahami oleh guru untuk kemudian diaktualisasikan dalam bentuk TP. Dalam perumusannya TP tidak serta merta atas keinginan guru, tetapi harus didasarkan pada kebutuhan dan karakteristik siswa dimana sekolah itu berada. Setelah TP disusun, desain pelaksanaan pembelajaran selanjutnya dibuatkan ATP nya.
Hal kedua yang harus dilakukan adalah, melakukan asesmen diagnostic. Asesmen ini bertujuan untuk mengidentifikasi kompetensi, kekuatan dan kelemahan siswa.
Hasilnya digunakan untuk rujukan dalam merencanakan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan pembelajaran siswa.
Selanjutnya yang harus dilakukan adalah pengembangan modul ajar. Ketiga, pengembangan modul ajar ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat ajar yang memandu pendidik melaksanakan pembelajaran.










