Modul ajar yang dikembangkan harus bersifat esensial, menarik, bermakna, relevan, kontekstual dan berkesinambungan.
Hal keempat yang harus dilakukan adalah melaksanakan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Pembelajaran ini disesuaikan dengan tahapan pencapaian dan karakteristuk siswa.
Ruang lingkup materi pembelajaran adalah apa yang akan diajarkan oleh guru di kelas atau apa yang akan dipelajari oleh siswa di kelas. Selanjutnya guru menyesuaiakn proses pembelajaran, menyesuaikan produk hasil belajar dan mengkondisikan lingkungan belajar.
Setelah pembelajaran dilakukan, maka yang harus dilakukan lagi adalah asesmen formatif dan sumatif. Asesmen sebagai umpan balik. Keleluasaan untuk menentukan teknik dan waktu pelaksanaan asesmen. Dirancang secara adil, proporsional, valid dan dapat dipercaya.
Bersifat sederhana dan informatif hasil asesmen digunakan oleh siswa, guru dan orang tua siswa. Selanjutnya melaporkan kemajuan siswa. Bentuk pelaporan hasil belajar yang efektif adalah pelaporan yang melibatkan orang tua siswa, siswa dan guru sebagai partner.
Mereflesikan nilai-nilai yang diperoleh sekolah, menyeluruh, jujur, adil dan dapat dipertanggung jawabkan, jelas dan mudah dipahami oleh semua pihak. Terakhir adalah melakukan refleksi pembelajaran.










