Refleksi pembelajaran bisa dilakukan dalam bentuk penilaian tertulis dan lisan yang dilakukan oleh siswa untuk guru dan dari guru kepada siswa. Hal ini berguna untuk mengekspresikan pesan konstruktif, harapan serta kritikan terhadap prose pembelajaran yang telah berlangsung.
Itulah beberapa tahapan, langkah dan hal yang harus dilakukan oleh seorang guru dalam penerapan kurikulum merdeka ini. Intinya pembelajaran berpusat pada siswa, menerapkan pembelajaran berdiferensiasi, dan lebih menekankan pada penerapan penguatan profil pelajar pancasila.
Guru merdeka melaksanakan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakter anak didik dimana sekolah berada juga mengutamakan kearifan local setempat.
Jadi dengan pelaksanaan IKM ini secara maksimal di setiap sekolah, akan mencetak anak-anak Indonesia yang beriman dan bertakwa, kreatif, mandiri dan berkebinekaan global.
Sehingga akan muncul pemimpin masa depan yang mumpuni dan membawa bangsa ini maju dan mampu berbicara di pentas dunia. (*)










