Warga Diungsikan, Sejumlah Nagari di Padang Pariaman Dilanda Banjir dan Longsor

LAPORAN - AZWAR MARDIN (KONTRIBUTOR HN2)

HARIANHALUAN.id – Hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Padang Pariaman mengakibatkan banjir di beberapa titik lokasi, Senin (23/01/23). Hujan yang dimulai sekitar pukul 14;20 wib itu juga menyebabkan tanah longsor.

Informasi yang dihimpun Haluan Nagari melalui informasi masyarakat melalui Whatsaap Group Informasi Bencana Padang Pariaman pada pukul 16;31 wib terpantau laporan kejadian banjir di dua Korong di kecamatan 2×11 enam lingkung Korong Ladang Laweh dan Korong Bari. Selain itu banjir juga terjadi Nagari Lareh Nan Panjang Sungai Sariak sepanjang aliran irigasi dan longsor.

Kemudian di Palak Atok Sintuak Jalan Raya Padang – Bukittinggi, air sungai meluap ke badan jalan setinggi 30 cm.

Sehubungan curah hujan masih tinggi saat ini Langkah utama yang perlu dilakukan paling utama segera evakuasi warga setempat. Kepada camat diminta monitoring wilayah masing-masing terhadap warga yang mungkin membutuhkan evakuasi.

“Paling uatama yang harus dilakukan gerak cepat lakukan segera evakuasi masyarakat yang terdampak bencana oleh BPBD kepada camat diminta proaktif memantau lansung kelapangan bagi wilayahnya terdampak bencana koordinasikan lansung melalui group BPBD padang pariaman,’’ Kata Sekda Padang Pariaman.

Ali Waldana, Wali Nagari Kampuang Galapuang Ulakan melaporkan bahwa sungai Batang Ulakan sudah mulai meluap, dan beberpa warga sudah mulai siap siaga untuk evakuasi secara mandiri, mengantisipasi luapan lebih tinggi.

Selain itu, Hilman Wali Nagari Lubuk Alung melaporkan bahwa teradapat 40 Kepala Keluarga di Korong Surantiah perlu di evakuasi segera karena air setinggi 2 meter sudah mengenangi rumah mereka.

Sebanyak 40 kk di Korong surantau perlu evakuasi segera , karena air setinggi 2 meter sudah mengenangi rumah mereka selain itu warga perlu bantuan fasilitas umum sebagai tempat evakusi sementara termasuk dapur umum.

Berdasarkan laporan camat 2 x 11 Enam lingkung Junaidi syah melaporkan bahwa telah terjadi bencana alam banjir dan tanah longsor di beberapa titik dikorong asam pulau dan Korong Balah aie serta Korong Rimbo kalam. Korong Rimbo kalam terdapat satu rumah tertimbun satu rumah warga dengan dua korban luka -luka agar tim TRC BPBD mengirimkan satu Unit Ambulance untuk membawa korban

Sampai berita ini diturunkan pada jam 21;34 wib beberapa wilayah terdampak banjir dan longsor masih terus bertambah, tim BPBD Kabupaten padang pariaman dengan berkoordinasi dengan camat dan wali nagari telah melakukan evakuasi warga, namun beberapa akses jalan yang tertimbun longsor  juga telah di upayakan secara mandiri oleh masyarakat setempat.(*)

Exit mobile version