Kecelakaan Memakan 15 Orang Korban di Turunan Nagari Panyalaian, Ini Kronologisnya!

Kecelakaan beruntun

HARIANHALUAN.ID – Kecelakaan beruntun lagi-lagi terjadi di turunan Nagari Panyalaian, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar, tepatnya di Jorong Bintungan, Minggu (9/4/2023) siang. Kecelakaan beruntun yang mengakibatkan tujuh unit kendaraan tersebut, lagi-lagi dipicu oleh satu unit kendaraan yang mengalami rem blong.

Pantauan di lapangan, kejadian tersebut sempat membuat warga setempat buncah, akibat dentuman keras yang terjadi saat laka tersebut. Selain menabrak kendaraan lain, laka beruntun itu juga mengakibatkan rumah warga rusak.

“Siang itu, secara mengagetkan terdengar bunyi dentuman, “braaaaak” ternyata terjadi lagi kecelakaan beruntun di penurunan ini. Melihat puing kendaraan berserakan, sontak warga sekitar dan para pengguna jalan saat itu langsung panik melihat kejadian tersebut,” ucap salah sorang warga yang berada di sekitar lokasi kejadian.

Kasat lantas Polres Padang panjang, Iptu Aldy Lazzuardy menjelaskan, kronologi sebelum kejadian laka lantas truk yang mengangkut alat berat datang dari arah Bukittinggi menuju arah Padang Panjang. Ketika sesampai di tempat kejadian kendaraan truk nopol B 9178 DU remnya tidak berfungsi, sehingga menyebabkan kendaraan hilang kendali (out of control).

Akibatnya kendaraan truk B 9178 DU menabrak beberapa kendaraan di depannya, seperti minibus Kijang BA 1828 PE, kendaraan minibus Xenia BA 1098 FM, sepeda motor B 3344 CLZ, kendaraan minibus Carry BA 1482 NF, kendaraan Toyota Kijang pick up tanpa nopol, kendaraan Kijang Super BA 1739 EN dan sepeda motor BA 3646 YA.

“Selain itu, kendaraan truk menabrak rumah tempat percetakan bahan bangunan batako, kemudian truk juga menabrak pejalan kaki sebanyak empat orang,” ujar kasat lantas.

“Sebanyak tujuh unit kendaraan dan satu bangunan percetakan batako jadi korban atas kejadian ini, sementara peristiwa naas ini juga menyebabkan 15 orang menjadi korban satu di antaranya meninggal dunia, 13 luka ringan dan satu orang luka berat,” tutur Aldy.

Dikatakannya, untuk korban kecelakaan telah dibawa ke RSUD Kota Padang Panjang dan RS Ibnu Sina Yarsi Padang Panjang untuk mendapatkan perawatan medis, sementara satu orang korban dirujuk ke RSUP M Djamil Padang karena luka yang dialami cukup serius.

“Saat ini personil kami masih di lokasi kejadian untuk mengamankan TKP dan proses evakuasi kendaraan yang terlibar laka, serta melakukan pendataan terhadap para korban kecelakaan yang masih dirawat di rumah sakit setempat,” tutur Aldy. (*)

Exit mobile version