Sampah Menumpuk di Fly Over Kelok Sembilan

Terlihat sampah berserakan di Fly Over Kelok Sembilan. ist


LIMA PULUH KOTA, HALUAN –
 Sampah sisa makanan dan botol minuman berserakan di Fly Over Kelok 9 Jorong Aia Putiah, Nagari Ulu Aia Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota sejak beberapa hari terakhir. Kondisi tersebut tidak hanya terlihat di jembatan bagian atas, namun juga di kelok 1 bagian bawah.

Meski kondisi sampah Berserakan, pengunjung yang melintas hendak memasuki Sumatera Barat maupun menuju Riau untuk arus balik masih terlihat santai, mereka tetap berfoto di lokasi itu meski sampah Berserakan. Padahal Fly Over Kelok Sembilan bukan diperuntukkan sebagai tempat wisata dan Satpol-PP juga telah melakukan penertiban.

Sampah yang berserakan itu, selain sampah sisa makanan yang dibawa pengendara juga termasuk sampah sisa makanan yang dibeli kepada pedagang disekitaran Fly Over Kelok 9.

Sy, Seorang Fotografer yang juga penggiat Media Sosial (Medsos), yang rutin mengambil foto arus balik maupun arus mudik di Jembatan yang diresmikan oleh Presiden SBY menyebutkan bahwa sampah berserakan hampir terjadi tiap tahun saat Lebaran Idul Fitri, kondisi tersebut sangat merusak keindahan Jembatan yang diprediksi bertahan hingga 100 tahun ini.

“Iya, sejak Lebaran Idul Fitri 1444 H, ini hari kedua saya ke Kelok 9 dan kondisinya masih sama, sampah sisa makanan dan bekas minuman berserakan dimana-mana. Kondisi ini sangat merusak keindahan,” katanya.

Bapak dua orang putri itu juga menambahkan, seharusnya pengendara yang melintas, baik pengendara roda dua maupun roda empat yang berhenti sejenak di Kelok 9 untuk mengabadikan keindahan alam itu, tidak membuang sampah sembarangan dan membawa kantong sendiri untuk tempat sampah.

“Mereka yang hendak berfoto yang mengabadikan keindahan alam di Kelok 9 harusnya membawa kantong sampah, sehingga sisa makanan-minuman tidak dibuang sembarangan,” harap pria yang kerap menjuarai lomba foto itu.

Warga lain yang lewat di lokasi tersebut, Fajri mengakui bahwa sampah yang berserakan cukup mengganggu.

“Tapi memang tong sampah pun memang tidak ada tersedia di sini. Mudah-mudahan ke depannya Pemda dapat menyediakan tong sampah di sekitar area ini,” harapnya. (tfk)

Exit mobile version