Saat Operasi Terjadi Ledakan, Pasien SPH Dirujuk ke Rumah Sakit Terdekat

PADANG, HARIANHALUAN.ID – Ledakan terjadi di Semen Padang Hospital (SPH), Kecamatan Pauh, Kota Padang, Selasa (30/1/2024) sore.

Ledakan terjadi di salah satu lantai rumah sakit. Akibat ledakan tersebut mulai dari pasien, staf rumah sakit, perawat dan dokter berhamburan keluar gedung untuk menyelamatkan diri.

Salah seorang perawat bedah, Yodi menjelaskan, pada saat terjadinya ledakan ia tengah melakukan tindakan operasi pasien.

“Saat ledakan terjadi kami sedang melakukan tindakan operasi kepada pasien, proses operasinya hampir siap dan setelah itu kami langsung membawa pasien keluar untuk dievakuasi,” ujar Yodi.

Ia menambahkan, pasien tersebut sudah dibawa ke Rumah Sakit Yos Sudarso untuk penanganan lebih lanjut. Selain itu, katanya, seluruh pasien yang dirawat di SPH telah dibawa ke rumah sakit lain untuk dirujuk.

“Pasien-pasien sudah dibawa ke rumah sakit lain, seperti Yos Sudarso, Rumah Sakit M Djamil untuk penanganan lebih lanjut, selebihnya pasien yang dinilai tidak parah dan mampu berjalan dipersilahkan untuk pulang, namun seluruhnya harus didata terlebih dahulu,” ujarnya

Sementara Kapolresta Padang, Kombes Pol Ferry Harahap menjelaskan, penyebab terjadinya ledakan akibat enam unit outdoor central ac. Ledakan menjalar ke lantai satu ruang pelayanan.

“Pada saat kejadian di lantai tujuh sedang ada perbaikan ac, kemudian pekerja sedang istirahat diduga meninggalkan dan lupa menutup las atau lupa,” ujarnya.

Akibat kejadian ledakan tersebut, kondisi lalu lintas sekitaran SPH mengalami macet total. (*)

Exit mobile version