Keempat Kalinya, Bandara Minangkabau Tutup Akibat Sebaran Abu Vulkanik Gunung Marapi

Bandara

PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.ID – Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Padang Pariaman, Sumatra Barat, ditutup lagi menyusul sebaran abu vulkanik Gunung Marapi dan berdasarkan Notam: B0370/24 NOTAMN. Otoritas Bandara (Otban) Wilayah VI Padang melakukan penutupan aktivitas bandara mulai sore ini.

Humas BIM, Ichsan membenarkan penutupan dimulai pada pukul 18.17 WIB sampai pemberitahuan lebih lanjut. “Penutupan ini dikarenakan sebaran abu vulkanik telah mencapai BIM. Kami infomasikan BIM tutup operasinya mulai pukul 18.17 WIB ini,” kata Ichsan saat dihubungi tim Haluan, Kamis (29/2/2024).

Menurut Ichsan, dari hasil paper test abu vulkanik sudah sampai ke areal bandara, sehingga pihaknya memutuskan untuk melakukan penutupan. “Ini demi keselamatan penerbangan,” ucap Ichsan.

Ichsan juga belum merinci berapa banyak penerbangan yang terdampak akibat penutupan ini. Penutupan ini menjadi yang keempat kalinya dilakukan Otban. Sebelumnya, aktivitas bandara juga ditutup pada 22 Desember 2023, 5 Januari 2024 dan 19 Januari 2024. (*)

Exit mobile version