Jalur One Way Sumbar Berubah, Padang-Bukittinggi lewat Padang Panjang

PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.ID- Direktorat Lalu Lintas Polda Sumatera Barat bersama jajaran Polres Kabupaten dan Kota mengubah jalur one way atau arus lalulintas satu arah di ruas jalan Padang-Bukittinggi untuk hari Minggu dan Senin (14-15/4/2024).

Kendaraan dari arah Padang menuju Bukittinggi akan melewati Kayu Tanam, Padang Panjang, Koto Baru dan Padang Luar. Sedangkan dari Bukittinggi ke Padang, melewati Malalak, Koto Mambang dan Kuraitaji Pariaman.

Perubahan dari rute one way yang ditetapkan sebelumnya, berdasarkan hasil evaluasi H+3 Lebaran. Sedangkan waktu pemberlakuannya tetap pukul 12.00 hingga 17.00 WIB.

“Berdasarkan hasil evaluasi pada one way H+3 Lebaran, ada beberapa pertimbangan, yaitu volume kendaraan dari Padang menuju Bukittinggi meningkat dibandingkan arah Bukittinggi menuju Padang,” Ujar Kasatlantas Padang Pariaman AKP Hendrianto, Minggu (14/4).

Selain volume kendaraan, faktor cuaca dengan curah hujan tinggi akhir-akhir juga berisiko melalui jalur Malalak karena situasi dan kondisi jalan menanjak terjal dan kapasitas kurang memadai.

Jalan yang licin akibat hujan dikhawatirkan dapat membahayakan pengendara.

“Kalau arus Bukittinggi menuju Padang melalui Malalak akan lebih leluasa mengingat ada beberapa jalur alternatif menuju Pariaman, Kurai Taji dan lewat BIM,” katanya.

Untuk one way hari ini, jalur dari Padang menuju Bukittinggi via Kayutanam, Padang Panjang, Koto Baru sampai Padang Luar dipilih karena kondisi jalan dinilai lebih lebar dan aman untuk dilalui dengan volume kendaraan yang tinggi.

Sedangkan dari Bukittinggi menuju Padang via Malalak, Koto Mambang ke Kurai Taji Pariaman. Jalur Malalak memang lebih singkat, namun kondisi jalannya yang sempit dan menanjak tidak memungkinkan untuk menampung volume kendaraan yang tinggi, terutama dalam kondisi cuaca hujan.

“Personel Kamsel dan Ops Ketupat juga akan disiagakan di lapangan untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas dan mencegah terjadinya pelanggaran,” katanya.(*)

Exit mobile version