BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.ID – BPJS Kesehatan terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada Peserta JKN. Salah satunya layanan jemput bola atau lebih dikenal dengan Kegiatan BPJS Keliling.
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi, Haris Prayudi mengatakan saat ini BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi melakukan kegiatan BPJS Keliling di Nagari Simpang Alahan Mati, Kabupaten Pasaman. Kegiatan BPJS Keliling dapat menampung beragam pelayanan layaknya di kantor cabang.
“Kemudahan administrasi yang diberikan melalui BPJS Keliling ini dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat. Pelayanan yang diberikan tentunya tidak ada perbedaan dengan di kantor cabang, mulai dari pendaftaran peserta, perubahan data, pengaduan dan pelayanan administrasi lainnya,” kata Haris, Selasa (4/2).
Dijelaskannya, jadwal rutin dari BPJS Keliling ini tiap bulannya selalu ada di berbagai tempat. Mulai dari kelurahan/nagari, kecamatan, hingga ke satker-satker. Untuk Bulan ini sudah dibuatkan jadwalnya. Khusus untuk Kota Bukittinggi bisa di cek melalui media sosial kantor cabang Bukittinggi di @salingkajkn.
“Selain itu, layanan BPJS Keliling bisa beroperasi diluar jadwal yang telah dibuatkan di setiap bulannya, dengan cara menghubungi petugas,” ulasnya.
Sementara itu, kegiatan BPJS Keliling yang dilakukan di Kantor Nagari Alahan Mati ini mendapatkan respon positif dari berbagai pihak. Salah seorang peserta BPJS Kesehatan, Rizki Ananda (21) mengungkapkan bahwa dirinya sangat terbantu karena adanya layanan BPJS Keliling yang diadakan di daerah asalnya ini.
“Saya datang ke layanan BPJS Keliling ini untuk mengecek status kepesertaan saya beserta keluarga. Jujur pelayanan yang saya terima disini sangat bagus dan edukatif. Saya juga diberikan pemahaman akan hak dan kewajiban saya sebagai salah seorang Peserta JKN oleh petugas di BPJS Keliling,” ungkapnya.
Hal yang sama juga disampaikan, Rivo Niswar (38) saat ditanya dirinya baru saja melakukan pendaftaran Program Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB) yang dimiliki oleh BPJS Kesehatan.
Menurutnya, program REHAB tersebut sangat membantu masyarakat yang memiliki tunggakan iuran, dan ingin melalukan pengaktifan status kepesertaannya kembali.
“Saya rasa REHAB ini sangat membantu masyarakat yang mungkin terkendala jika harus membayar tunggakannya sekaligus. Karena sistemnya bisa dicicil, mulai dari 1 kali hingga 12 kali,” ungkapnya.(*)