Kamis, 28 Agustus 2025
HarianHaluan.id
Tidak ada hasil
Lihat semua hasil
  • UTAMA
  • EkBis
  • NASIONAL
  • OLAHRAGA
  • SUMBAR
    • AGAM
    • BUKITTINGGI
    • DHARMASRAYA
    • KAB. SOLOK
    • KOTA SOLOK
    • KAB. LIMAPULUH KOTA
    • MENTAWAI
    • PADANG
    • PADANG PANJANG
    • PADANG PARIAMAN
    • PARIAMAN
    • PASAMAN
    • PASAMAN BARAT
    • PAYAKUMBUH
    • PESISIR SELATAN
    • SAWAHLUNTO
    • SIJUNJUNG
    • SOLOK SELATAN
    • TANAH DATAR
  • OPINI
  • PENDIDIKAN
    • KAMPUS
      • INSTITUT TEKNOLOGI PADANG
      • POLITEKNIK ATI PADANG
      • POLITEKNIK NEGERI PADANG
    • SASTRA BUDAYA
  • PARIWISATA
  • WEBTORIAL
  • PILKADA SUMBAR
  • INSPIRASI
  • RAGAM
    • PERISTIWA
    • HIBURAN
    • KESEHATAN
    • LIFESTYLE
    • OTOMOTIF
    • RANAH & RANTAU
      • KABA RANAH
      • KABA RANTAU
    • PRAKIRAAN CUACA
  • UTAMA
  • EkBis
  • NASIONAL
  • OLAHRAGA
  • SUMBAR
    • AGAM
    • BUKITTINGGI
    • DHARMASRAYA
    • KAB. SOLOK
    • KOTA SOLOK
    • KAB. LIMAPULUH KOTA
    • MENTAWAI
    • PADANG
    • PADANG PANJANG
    • PADANG PARIAMAN
    • PARIAMAN
    • PASAMAN
    • PASAMAN BARAT
    • PAYAKUMBUH
    • PESISIR SELATAN
    • SAWAHLUNTO
    • SIJUNJUNG
    • SOLOK SELATAN
    • TANAH DATAR
  • OPINI
  • PENDIDIKAN
    • KAMPUS
      • INSTITUT TEKNOLOGI PADANG
      • POLITEKNIK ATI PADANG
      • POLITEKNIK NEGERI PADANG
    • SASTRA BUDAYA
  • PARIWISATA
  • WEBTORIAL
  • PILKADA SUMBAR
  • INSPIRASI
  • RAGAM
    • PERISTIWA
    • HIBURAN
    • KESEHATAN
    • LIFESTYLE
    • OTOMOTIF
    • RANAH & RANTAU
      • KABA RANAH
      • KABA RANTAU
    • PRAKIRAAN CUACA
HarianHaluan.id
Tidak ada hasil
Lihat semua hasil
  • UTAMA
  • EkBis
  • NASIONAL
  • OLAHRAGA
  • SUMBAR
  • OPINI
  • PENDIDIKAN
  • PARIWISATA
  • WEBTORIAL
  • PILKADA SUMBAR
  • INSPIRASI
  • RAGAM
HARIANHALUAN.ID EkBis

Yuk, Kenali Berbagai Fitur OCA Interaction Lite Untuk Optimalisasi Bisnis UKM

Editor: Atviarni, Penulis:Djamalis Djamin
Jumat, 21/03/2025 | 05:51 WIB
ShareTweetSendShare

JAKARTA, HARIANHALUAN.ID – Adaptasi merupakan kemampuan sebuah sistem atau layanan dalam menyesuaikan diri dengan kebutuhan, preferensi, dan perilaku pengguna yang dinamis.

Adaptasi penting dilakukan oleh penyedia platform digital. Banyak hal yang bisa dilakukan, seperti pengembangan fitur baru, peningkatan antarmuka pengguna, integrasi teknologi terbaru, serta fleksibilitas dalam memenuhi permintaan pasar.

Adaptasi memastikan platform tetap relevan, efisien, dan kompetitif di tengah dinamika teknologi dan persaingan yang ketat.
PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui Omni Communication Assistant (OCA) terus berinovasi dengan menghadirkan OCA Interaction Lite, solusi CRM dengan harga yang lebih terjangkau dan fitur yang lebih sederhana. Layanan ini dirancang khusus untuk membantu UKM mengelola data pelanggan tanpa kendala biaya tinggi atau kompleksitas, sehingga mendukung pertumbuhan bisnis mereka secara efektif.

Bukan tanpa landasan, dalam banyak rilis kita mengetahui jika UKM merupakan roda penggerak ekonomi bangsa yang menyumbang sebagian besar dari Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

“Potensi UKM di Indonesia sangat besar dan perannya juga begitu nyata, sehingga kami banyak mengembangkan solusi digital untuk mendorong peningkatan potensi UKM tersebut,” ungkap EVP Digital Business & Technology Telkom Komang Budi Aryasa.

Platform OCA Interaction Lite memungkinkan integrasi berbagai kanal komunikasi, seperti facebook comment, facebook messenger, instagram comment, dan direct message dalam satu dashboard terpusat. Solusi ini bisa digunakan maksimal oleh UKM yang membutuhkan solusi komunikasi seperti CRM.

Fitur Unggulan OCA Interaction Lite
Transformasi OCA Interaction Lite membawa sejumlah fitur yang relevan bagi UKM. Peran utamanya sebagai pendukung operasional bisnis UKM yang juga dapat membantu meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan.

Proses transformasi fitur itu dapat terlihat pada:
Integrasi Kanal Komunikasi yang Terfokus
Dalam versi Lite, UKM dapat mengelola pesan dan komentar dari sosial media teraktif dalam satu dashboard. Fokus pada platform teraktif bagi UKM ini memberikan solusi untuk interaksi pelanggan. Sementara itu, versi reguler menawarkan kanal komunikasi tambahan seperti platform chat dan Webchat untuk perusahaan besar.
Fitur Label untuk Pengelolaan Percakapan
Fitur ini memungkinkan tim customer service menandai percakapan berdasarkan kategori tertentu.

Pengelompokan yang terorganisir membuat agen dapat lebih mudah melacak status interaksi dengan pelanggan, memberikan respons yang lebih cepat, dan meningkatkan efisiensi operasional.

Pengelolaan Data Pelanggan dengan Fitur Contact

Fitur Contact memungkinkan UKM menyimpan dan mengakses informasi pelanggan di satu tempat, menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih personal dan relevan. Yang mana hal ini sangat penting dalam membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan.
Knowledge Base untuk Konsistensi Jawaban
OCA Interaction Lite dilengkapi dengan Knowledge Base untuk mendukung layanan yang cepat dan akurat. Knowledge Base menjadi pusat informasi internal yang membantu tim memberikan jawaban konsisten kepada pelanggan.

Quick Reply Template untuk Respons Cepat
Template balasan tentu sangat membantu UKM menjawab pertanyaan standar pelanggan, seperti jam operasional atau detail produk, tanpa harus mengetik berulang-ulang. Efisiensi ini memungkinkan agen customer service melayani lebih banyak pelanggan dalam waktu lebih singkat.

“Agar upaya kami mendukung pertumbuhan bisnis UKM dapat berjalan optimal, maka kami terus mengembangkan inovasi terhadap solusi digital. Tentunya, kami juga berharap mendapat masukan positif dari berbagai pihak untuk terus menghadirkan solusi yang lebih relevan,” tambah Komang.

Inovasi OCA lewat OCA Interaction Lite menjadi bukti komitmen Telkom dalam menghadirkan teknologi berkelanjutan yang lebih terjangkau sekaligus fleksibel bagi UKM. Sekaligus menjadi upaya meningkatkan kesejahteraan UKM itu sendiri. Sekarang, UKM bisa lebih memaksimalkan lagi bisnis yang dijalankan dengan memanfaatkan fitur-fitur yang relevan sesuai kebutuhan mereka.

Lewat OCA Interaction Lite, Telkom ingin memberi peluang bagi UKM untuk mengelola interaksi pelanggan mereka dengan cara yang lebih profesional dan efektif tanpa perlu berinvestasi besar di awal.

Temukan berbagai solusi digital yang ditawarkan OCA yang dapat membantu Anda meningkatkan kualitas layanan pelanggan, memperkuat loyalitas, dan membuka jalan menuju pertumbuhan berkelanjutan lainnya, di sini https://leaptelkom.me/OcaInteractionLite. (*)

Tags: Telkom Group
ShareTweetSendShare

BacaJuga

Sulaman Pariaman Dikembangkan Jadi Industri Kreatif Modern Lewat Kolaborasi ISI Padang Panjang

Sulaman Pariaman Dikembangkan Jadi Industri Kreatif Modern Lewat Kolaborasi ISI Padang Panjang

Kamis, 28/08/2025 | 07:30 WIB
Pelatihan Menjahit Cirebon Batch 2 Dompet Dhuafa JabarDimulai

Pelatihan Menjahit Cirebon Batch 2 Dompet Dhuafa JabarDimulai

Rabu, 27/08/2025 | 18:03 WIB
Gelar Synergy Roadshow, Bank Muamalat Optimistis Hadapi Semester Kedua 2025

Gelar Synergy Roadshow, Bank Muamalat Optimistis Hadapi Semester Kedua 2025

Rabu, 27/08/2025 | 15:29 WIB
BATIC 2025 Edisi-10: Igniting Tomorrow’s Digital Evolution – Hubungkan Konektivitas Global

BATIC 2025 Edisi-10: Igniting Tomorrow’s Digital Evolution – Hubungkan Konektivitas Global

Rabu, 27/08/2025 | 13:04 WIB
Pusat Oleh-Oleh Solsel Resmi Dibuka, 186 Produk dari 9 UMKM Lokal Siap Guncang Pasar

Pusat Oleh-Oleh Solsel Resmi Dibuka, 186 Produk dari 9 UMKM Lokal Siap Guncang Pasar

Rabu, 27/08/2025 | 11:30 WIB
Paragon Management Trainee 2025 Resmi Dibuka: Ini Jadwal dan Link nya!

Paragon Management Trainee 2025 Resmi Dibuka: Ini Jadwal dan Link nya!

Rabu, 27/08/2025 | 07:16 WIB

HALUANePaper

Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

HALUANOPINI

Kunjungan Wisata ke Sumbar dari Singapura Meningkat
OPINI

Kunjungan Wisata ke Sumbar dari Singapura Meningkat

Selasa, 26/08/2025 | 20:46 WIB

SelengkapnyaDetails
Santai Tapi Terencana: Yuk, Siapkan Ibadah Qurban Bersama Tabungan SIkoci Qurban Bank Nagari Syariah

Santai Tapi Terencana: Yuk, Siapkan Ibadah Qurban Bersama Tabungan SIkoci Qurban Bank Nagari Syariah

Selasa, 26/08/2025 | 20:23 WIB
Pemasaran Syariah: Bisnis Jujur ala Nabi untuk Membangun Ekonomi Berkah dan Inklusif

Pemasaran Syariah: Bisnis Jujur ala Nabi untuk Membangun Ekonomi Berkah dan Inklusif

Selasa, 26/08/2025 | 20:04 WIB
Guru dan Kemerdekaan:  Dari Ruang Kelas ke Ruang Perjuangan

Guru dan Kemerdekaan:  Dari Ruang Kelas ke Ruang Perjuangan

Selasa, 26/08/2025 | 10:30 WIB
No Viral, No Justice

No Viral, No Justice

Sabtu, 23/08/2025 | 13:23 WIB

HALUANTERPOPULER

  • Kunjungan Wisata ke Sumbar dari Singapura Meningkat

    Kunjungan Wisata ke Sumbar dari Singapura Meningkat

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Menteri Transmigrasi Akan Kunjungi Dharmasraya, Dukung Pengembangan Kawasan Padang Hilalang II

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pengawas BK Cabdin Wilayah III Sumbar Leni Murni Hayati Sebut Tugas Guru Wali Tidak Mengurangi Peran BK dan Walas

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Satpol PP Damkar Padang Pariaman Sosialisasikan Pencegahan Kebakaran di Nagari Parit Malintag

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Khairunas Desak Revisi RTRW, Bongkar Dugaan Pelanggaran Tata Ruang Solsel

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
HarianHaluan.id

Kantor Redaksi dan Bisnis:
Jln. Prof Hamka (Komp. Bandara Tabing - Lanud St. Syarir) - Kota Padang - Sumatera Barat (25171)

  [email protected]

  Redaksi: 08126888210 (Nasrizal)
  Iklan: 081270864370 (Andri Yusran)

Instagram Harianhaluan Post

  • PADANG, HARIANHALUAN.ID – Tim mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat kembali mengharumkan nama kampus di kancah regional.Mereka berhasil meraih Juara 1 dalam Lomba Cerdas Cermat (LCC) Pekan Ilmiah Mahasiswa Farmasi Wilayah (PIMFAR) Sumatera II yang digelar Ikatan Senat Mahasiswa Farmasi Seluruh Indonesia (ISMAFARSI) Wilayah Sumatera II, dengan Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi (STIFAR) Padang sebagai tuan rumah.Kompetisi yang berlangsung pada 21 Agustus 2025 hingga pengumuman pemenang 23 Agustus 2025 itu mempertemukan tim-tim terbaik dari berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta yang memiliki program studi S1 Farmasi di wilayah Sumatera II. LCC ini menjadi agenda tahunan ISMAFARSI untuk mengasah kemampuan akademik, menumbuhkan daya saing, sekaligus mempererat hubungan antar mahasiswa farmasi di Sumatera.Selengkapnya di link https://harianhaluan.id/kampus/hh-130069/mahasiswa-farmasi-um-sumatera-barat-raih-juara-1-lomba-cerdas-cermat-ismafarsi-sumatera-ii/
  • Edisi koran Haluan Rabu (27/8).Belanja pegawai Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) pada APBD Perubahan 2025 tercatat mencapai Rp2,0944 triliun, atau sekitar 34 persen dari pagu anggaran sebesar Rp6,16 triliun.Selengkapnya di koran Haluan hari ini.

Follow Us

  • Index
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber

HarianHaluan.id © 2025.

Tidak ada hasil
Lihat semua hasil
  • UTAMA
  • EkBis
  • NASIONAL
  • OLAHRAGA
  • SUMBAR
    • AGAM
    • BUKITTINGGI
    • DHARMASRAYA
    • KAB. SOLOK
    • KOTA SOLOK
    • KAB. LIMAPULUH KOTA
    • MENTAWAI
    • PADANG
    • PADANG PANJANG
    • PADANG PARIAMAN
    • PARIAMAN
    • PASAMAN
    • PASAMAN BARAT
    • PAYAKUMBUH
    • PESISIR SELATAN
    • SAWAHLUNTO
    • SIJUNJUNG
    • SOLOK SELATAN
    • TANAH DATAR
  • OPINI
  • PENDIDIKAN
    • KAMPUS
      • INSTITUT TEKNOLOGI PADANG
      • POLITEKNIK ATI PADANG
      • POLITEKNIK NEGERI PADANG
    • SASTRA BUDAYA
  • PARIWISATA
  • WEBTORIAL
  • PILKADA SUMBAR
  • INSPIRASI
  • RAGAM
    • PERISTIWA
    • HIBURAN
    • KESEHATAN
    • LIFESTYLE
    • OTOMOTIF
    • RANAH & RANTAU
      • KABA RANAH
      • KABA RANTAU
    • PRAKIRAAN CUACA

HarianHaluan.id © 2025.