Selasa, 11 November 2025
HarianHaluan.id
Tidak ada hasil
Lihat semua hasil
  • UTAMA
  • EkBis
  • NASIONAL
  • OLAHRAGA
  • SUMBAR
    • AGAM
    • BUKITTINGGI
    • DHARMASRAYA
    • KAB. SOLOK
    • KOTA SOLOK
    • KAB. LIMAPULUH KOTA
    • MENTAWAI
    • PADANG
    • PADANG PANJANG
    • PADANG PARIAMAN
    • PARIAMAN
    • PASAMAN
    • PASAMAN BARAT
    • PAYAKUMBUH
    • PESISIR SELATAN
    • SAWAHLUNTO
    • SIJUNJUNG
    • SOLOK SELATAN
    • TANAH DATAR
  • OPINI
  • PENDIDIKAN
    • KAMPUS
      • INSTITUT TEKNOLOGI PADANG
      • POLITEKNIK ATI PADANG
      • POLITEKNIK NEGERI PADANG
    • SASTRA BUDAYA
  • PARIWISATA
  • WEBTORIAL
  • PILKADA SUMBAR
  • INSPIRASI
  • RAGAM
    • PERISTIWA
    • HIBURAN
    • KESEHATAN
    • LIFESTYLE
    • OTOMOTIF
    • RANAH & RANTAU
      • KABA RANAH
      • KABA RANTAU
    • PRAKIRAAN CUACA
  • UTAMA
  • EkBis
  • NASIONAL
  • OLAHRAGA
  • SUMBAR
    • AGAM
    • BUKITTINGGI
    • DHARMASRAYA
    • KAB. SOLOK
    • KOTA SOLOK
    • KAB. LIMAPULUH KOTA
    • MENTAWAI
    • PADANG
    • PADANG PANJANG
    • PADANG PARIAMAN
    • PARIAMAN
    • PASAMAN
    • PASAMAN BARAT
    • PAYAKUMBUH
    • PESISIR SELATAN
    • SAWAHLUNTO
    • SIJUNJUNG
    • SOLOK SELATAN
    • TANAH DATAR
  • OPINI
  • PENDIDIKAN
    • KAMPUS
      • INSTITUT TEKNOLOGI PADANG
      • POLITEKNIK ATI PADANG
      • POLITEKNIK NEGERI PADANG
    • SASTRA BUDAYA
  • PARIWISATA
  • WEBTORIAL
  • PILKADA SUMBAR
  • INSPIRASI
  • RAGAM
    • PERISTIWA
    • HIBURAN
    • KESEHATAN
    • LIFESTYLE
    • OTOMOTIF
    • RANAH & RANTAU
      • KABA RANAH
      • KABA RANTAU
    • PRAKIRAAN CUACA
HarianHaluan.id
Tidak ada hasil
Lihat semua hasil
  • UTAMA
  • EkBis
  • NASIONAL
  • OLAHRAGA
  • SUMBAR
  • OPINI
  • PENDIDIKAN
  • PARIWISATA
  • WEBTORIAL
  • PILKADA SUMBAR
  • INSPIRASI
  • RAGAM
HARIANHALUAN.ID EkBis

BigBox Perkenalkan  BigAssistant, Layanan Chatbot berbasis AI

Editor: Atviarni, Penulis:Djamalis Djamin
Selasa, 03/06/2025 | 16:19 WIB
ShareTweetSendShare

JAKARTA, HARIANHALUAN.ID – Efisiensi operasional menjadi kunci kritikal bagi perusahaan untuk tetap5t bertahan dan unggul di tengah persaingan bisnis yang kian ketat. Salah satu caranya dengan memanfaatkan chatbot PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), seperti BigAssistant dari BigBox AI.

BigBox mengembangkan BigAssistant untuk membantu meningkatkan efisiensi operasional dengan cara mengotomatisasi layanan pelanggan. BigBox sendiri merupakan unit bisnis Artificial Intelligence (AI) dan Big Data Analytics milik Telkom yang menyediakan solusi canggih untuk membantu penggunanya, baik bisnis atau pemerintahan dalame membuat keputusan berbasis data dengan lebih akurat dan efisien.

BigAssistant adalah solusi chatbot berbasis kecerdasan buatan yang dirancang untuk meningkatkan interaksi antara bisnis dan pelanggan dengan memanfaatkan teknologi Generative AI dan Natural Language Processing (NLP). BigAssistant memanfaatkan dua teknologi ini untuk memberikan  respons cerdas dan personal dalam berbagai konteks layanan.

Teknologi berbasis NLP mampu mengenali maksud percakapan dan memberikan jawaban yang relevan secara tepat waktu.

Dengan kemampuan interaksi multimodal, pengguna dapat berkomunikasi melalui teks maupun suara secara alami dan efisien. Selain itu, BigAssistant dapat terintegrasi langsung dengan sistem backend perusahaan untuk menyajikan informasi real-time seperti status pesanan, jadwal layanan, atau bantuan teknis.

Tak kalah penting, fitur personalisasi memungkinkan sistem untuk mempelajari preferensi pengguna dari interaksi sebelumnya, guna menghadirkan layanan yang lebih sesuai dan responsif terhadap kebutuhan masing-masing individu.

Teknologi Canggih di Balik BigAssistant
BigAssistant memberikan berbagai manfaat nyata bagi dunia bisnis maupun pemerintahan, terutama dalam meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan. Dengan kemampuan otomatisasi respons terhadap pertanyaan umum, teknologi ini mampu mengurangi beban kerja layanan pelanggan dan mempercepat proses penanganan permintaan.

Layanan yang tersedia 24/7 dengan respons yang cepat dan akurat turut meningkatkan kepuasan pengguna secara signifikan. Selain itu, BigAssistant dirancang untuk dapat menangani volume interaksi yang tinggi tanpa mengorbankan kualitas, menjadikannya solusi yang sangat scalable. Teknologi ini juga menyediakan data dan wawasan dari setiap interaksi, sehingga membantu organisasi dalam mengambil keputusan yang lebih tepat dan strategis.

Saat ini, BigAssistant yang pada dasarnya merupakan chatbot berbasis AI, telah dimanfaatkan di berbagai sektor seperti layanan pelanggan,  e-commerce, perbankan, dan layanan publik, mendukung terciptanya pelayanan yang lebih responsif, efisien, dan berbasis data.

“Di era digital saat ini, efisiensi operasional tidak lagi menjadi nilai tambah semata, melainkan kebutuhan strategis yang menentukan daya saing. BigAssistant hadir sebagai solusi inovatif yang dikembangkan oleh BigBox AI untuk menjawab tantangan tersebut. Dengan mengotomatisasi layanan dan mengintegrasikan akses terhadap data serta insight yang bernilai, BigAssistant memungkinkan perusahaan untuk beroperasi secara lebih gesit, responsif, dan personal. Lebih dari itu, teknologi ini membantu membangun fondasi pengambilan keputusan yang lebih cerdas,” ungkap EVP Digital Business & Technology Telkom Komang Budi Aryasa.
Dapatkan informasi lebih mendalam mengenai perkembangan dan layanan teknologi berbasis AI yang dimiliki Telkom, di https://bigbox.ai/. (*)

Tags: Bigbox AITelkom Group
ShareTweetSendShare

BacaJuga

AI Bigbox Bantu Fintech Verifikasi Identitas Pelanggan dengan eKYC yang Andal

AI Bigbox Bantu Fintech Verifikasi Identitas Pelanggan dengan eKYC yang Andal

Selasa, 11/11/2025 | 05:51 WIB
Tingkatkan Kualitas Layanan, Admedika Hadirkan VIP Lounge di RSUP Kemenkes Surabaya

Tingkatkan Kualitas Layanan, Admedika Hadirkan VIP Lounge di RSUP Kemenkes Surabaya

Selasa, 11/11/2025 | 04:47 WIB
Integrasikan OCTO, CIMB Niaga Hadirkan Pengalaman Perbankan Digital Baru yang Lebih Praktis dengan Satu User ID

Integrasikan OCTO, CIMB Niaga Hadirkan Pengalaman Perbankan Digital Baru yang Lebih Praktis dengan Satu User ID

Senin, 10/11/2025 | 12:19 WIB
BSI Maslahat Dukung Pengukuhan Standarisasi Dai MUI 2025untuk Perkuat Dakwah dan Ekonomi Syariah

BSI Maslahat Dukung Pengukuhan Standarisasi Dai MUI 2025untuk Perkuat Dakwah dan Ekonomi Syariah

Senin, 10/11/2025 | 11:57 WIB
BSI Maslahat Perkuat Peran Pesantren lewat Dukungan pada Mukernas dan Perpesnas MPDI 2025

BSI Maslahat Perkuat Peran Pesantren lewat Dukungan pada Mukernas dan Perpesnas MPDI 2025

Senin, 10/11/2025 | 11:36 WIB
Inovasi Teh Celup Mengkudu, Sinergi Akademisi Nasional Dorong Potensi Lokal Pariaman

Inovasi Teh Celup Mengkudu, Sinergi Akademisi Nasional Dorong Potensi Lokal Pariaman

Senin, 10/11/2025 | 11:14 WIB

HALUANePaper

Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

HALUANOPINI

Membaca Ulang Literasi Sains
OPINI

Membaca Ulang Literasi Sains

Selasa, 11/11/2025 | 18:27 WIB

SelengkapnyaDetails
Bahaya Perpanjangan Masa Jabatan Hakim

Bahaya Perpanjangan Masa Jabatan Hakim

Senin, 10/11/2025 | 07:21 WIB
Puasa Ramadan bagi Pasien Penyakit Ginjal Kronis, Bolehkah?

Puasa Ramadan bagi Pasien Penyakit Ginjal Kronis, Bolehkah?

Jumat, 07/11/2025 | 19:48 WIB
Ketika Caruik Jadi Konten, Krisis Adab dan Tantangan Pendidikan Islam di Ranah Minang

Ketika Caruik Jadi Konten, Krisis Adab dan Tantangan Pendidikan Islam di Ranah Minang

Jumat, 07/11/2025 | 14:39 WIB
Ferdinal

Belajar dari Suksesnya Tim PPK Ormawa UNP dalam Menginspirasi Generasi Muda

Jumat, 07/11/2025 | 07:31 WIB

HALUANTERPOPULER

  • ‎Cekcok Soal Surat Sepadan, Kejari Solsel Damaikan 2 Sumando melalui RJ

    ‎Cekcok Soal Surat Sepadan, Kejari Solsel Damaikan 2 Sumando melalui RJ

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Polres Pessel Tangkap Tiga Pengedar Sabu di Bayang, Satu diantaranya Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Masri, Security BRI Surantih yang Dikenal Humanis dan Dekat dengan Warga

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Rahmah El Yunusiyyah, Tokoh Perempuan dari Sumatera Barat yang Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Sempat Tersandung soal Pelayanan, J&T DP Sicincin Berdamai dengan Costumer

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
HarianHaluan.id

Kantor Redaksi dan Bisnis:
Jln. Prof Hamka (Komp. Bandara Tabing - Lanud St. Syarir) - Kota Padang - Sumatera Barat (25171)

  [email protected]

  Redaksi: 08126888210 (Nasrizal)
  Iklan: 081270864370 (Andri Yusran)

Instagram Harianhaluan Post

  • Telah dilaporkan adanya kejadian tidak biasa di kediaman Labai Amirudin, seorang tokoh agama, yang berlokasi di Korong Pinang, Nagari Pauh Kambar, Kecamatan Nan Sabaris, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat.Sebuah pohon pisang di lokasi tersebut diketahui menghasilkan 5 tandan buah dan 5 jantung dalam satu batang. Kejadian ini terpantau pada hari ini.🎥 : @_ajo_piaman123
  • Presiden Prabowo Subianto resmi menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada sepuluh tokoh dari berbagai daerah di Indonesia. Salah satunya adalah Rahmah El Yunusiyyah,
tokoh pejuang perempuan asal Sumatera Barat (Sumbar).Selengkapnya di koran Haluan hari ini.

Follow Us

  • Index
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber

HarianHaluan.id © 2025.

Tidak ada hasil
Lihat semua hasil
  • UTAMA
  • EkBis
  • NASIONAL
  • OLAHRAGA
  • SUMBAR
    • AGAM
    • BUKITTINGGI
    • DHARMASRAYA
    • KAB. SOLOK
    • KOTA SOLOK
    • KAB. LIMAPULUH KOTA
    • MENTAWAI
    • PADANG
    • PADANG PANJANG
    • PADANG PARIAMAN
    • PARIAMAN
    • PASAMAN
    • PASAMAN BARAT
    • PAYAKUMBUH
    • PESISIR SELATAN
    • SAWAHLUNTO
    • SIJUNJUNG
    • SOLOK SELATAN
    • TANAH DATAR
  • OPINI
  • PENDIDIKAN
    • KAMPUS
      • INSTITUT TEKNOLOGI PADANG
      • POLITEKNIK ATI PADANG
      • POLITEKNIK NEGERI PADANG
    • SASTRA BUDAYA
  • PARIWISATA
  • WEBTORIAL
  • PILKADA SUMBAR
  • INSPIRASI
  • RAGAM
    • PERISTIWA
    • HIBURAN
    • KESEHATAN
    • LIFESTYLE
    • OTOMOTIF
    • RANAH & RANTAU
      • KABA RANAH
      • KABA RANTAU
    • PRAKIRAAN CUACA

HarianHaluan.id © 2025.