BSI Miliki Program Tabungan Haji dan Haji Muda Indonesia

BSI

Bank Syariah Indonesia

HARIANHALUAN.ID – Bank Syariah Indonesia (BSI) memiliki dua program haji, yakni Tabungan Haji Indonesia dan Tabungan Haji Muda Indonesia. Pada tahun pertama pascamerger BSI memberangkatkan dua ribu lebih jemaah asal Sumbar pada haji 2022.

Area Manager BSI Padang, Budi Abdiriva mengatakan, program tabungan haji muda merupakan produk yang dikhususkan bagi nasabah berumur di bawah 17 tahun dan berminat menunaikan ibadah haji.

“Khusus untuk program BSI, tabungan haji muda Indonesia didaftarkan atas nama anak dengan usia di bawah 17 tahun,” ucap Budi, Kamis (16/6/2022).

Sedangkan untuk tabungan haji Indonesia diperuntukan untuk nasabah berusia minimal atau di atas 17 tahun atau sudah menikah dan berniat menunaikan ibadah haji. Untuk membuka tabungan haji lewat BSI, nasabah cukup melakukan setoran awal tabungan senilai Rp100.000 untuk merencanakan ibadah haji sejak dini. Lalu setoran selanjutnya minimal Rp10.000.

Budi menambahkan, banyak manfaat yang akan didapatkan nasabah jika memilih tabungan haji di BSI. Seperti gratis biaya administrasi bulanan, fasilitas notifikasi saat saldo cukup didaftarkan untuk porsi haji, online dengan SISKOHAT Kementerian Agama, bebas biaya Standing Instruction, agar disiplin menabung setiap bulannya.

Selain itu, BSI juga menawarkan kemudahan tabungan haji dengan melakukan pendaftaran haji elektronik melalui mobile banking. Nasabah cukup mengikuti alur pendaftaran, dengan membuka rek tabungan haji melalui mobile banking dengan setoran saldo Rp25.100.000, melakukan pembayaran setoran awal haji.

Selanjutnya secara otomatis bukto setoran awal dan akad wakalah akan dikirim ke email nasabah. Nasabah melakukan pendaftaran haji bisa melalui Kantor Kemenag. Calon jemaah menunggu waktu keberangkatan.

Budi mengatakan, hingga saat ini total BSI Tabungan Haji yang sudah dibuka di BSI Area Padang atau Sumatra Barat (Sumbar) sejumlah 80.326 rekening. Sedangkan untuk BSI Tabungan Haji secara nasional sebanyak 3.864.568 rekening.

Sebelumnya, jumlah calon jemaah haji yang sudah menjadi nasabah BSI sebanyak lebih dari 1.600 orang. Dimana di tahun ini, wilayah Sumbar mendapatkan kuota haji sebesar 2.093 orang.

“BSI Area Padang siap melayani lebih dari dua ribu calon jemaah haji. Semoga seluruh jemaah haji yang berangkat tahun ini menjadi haji mabrur,” kata Budi.

Ia juga bersyukur di tahun pertama BSI berdiri, sudah mendapat kepercayaan dari masyarakat yang ingin melaksanakan ibadah haji sebagai mitra pembayaran haji.

“Alhamdulillah, BSI terus mendapatkan kepercayaan dari nasabah yang tercermin dari minat masyarakat untuk mempersiapkan haji melalui tabungan haji BSI, secara nasional juga per Maret 2022 lebih dari 4,4 juta nasabah telah menabung tabungan haji di BSI,” ucapnya.

Tabungan haji menjadi salah satu fokus Bank Syariah Indonesia dalam mengembangkan ekosistem Islam. Ibadah haji ini menjadi ciri khas dan amanah bagi bank syariah untuk memberikan layanan prima bagi seluruh jemaah.

BSI telah menyiapkan serangkaian layanan dan program yang nantinya dapat dimanfaatkan jamaah haji Indonesia. Di antaranya layanan penukaran uang real selama di embarkasi, layanan BSI Debit Haji berlogo VISA yang dapat digunakan jemaah selama di tanah suci, untuk kebutuhan transaksi penarikan uang tunai di ATM berlogo VISA maupun kebutuhan berbelanja di merchant-merchant yang berlogo VISA, serta BSI Mobile yang bisa digunakan untuk transaksi dimanapun dan kapanpun dengan call centre 14040 yang siap melayani nasabah. (*)

Exit mobile version