JAKARTA, HARIANHALUAN.id— PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) memperingati Hari Pelanggan Nasional (HPN) 2025 sebagai wujud apresiasi atas kepercayaan dan loyalitas nasabah.
Momentum ini juga menjadi penegasan komitmen BRI dalam menghadirkan layanan keuangan yang relevan dengan kebutuhan masyarakat yang terus berkembang.
Selaras dengan tema HPN 2025, Think Customer, BRI memastikan setiap inisiatif diarahkan untuk memberikan layanan bernilai tambah. Komitmen tersebut diwujudkan melalui perluasan jangkauan, penyempurnaan proses, hingga inovasi berkelanjutan di berbagai lini operasional.
Direktur Utama BRI, Hery Gunardi, menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh nasabah setia.
“Pada Hari Pelanggan Nasional ini, kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan loyalitas nasabah kepada BRI.
Nasabah telah menjadi bagian penting dalam milestone BRI sebagai bank yang melayani rakyat hingga pelosok negeri.
Komitmen kami adalah memberikan one stop solution sekaligus terus berinovasi untuk menghadirkan customer experience yang lebih baik,” ujarnya, Kamis (4/9).
Sekaitan HPN 2025, jajaran Direksi BRI melakukan kunjungan serentak ke berbagai kantor cabang di Indonesia untuk menyapa langsung nasabah.
Direktur Utama BRI Hery Gunardi hadir di BRI Branch Office Kelapa Gading, sedangkan Wakil Direktur Utama BRI Agus Noorsanto menyapa nasabah di BRI Branch Office Bandung Asia Afrika.
Sejumlah Direksi lain juga hadir di Surabaya, Malang, Semarang, Yogyakarta, Banjarmasin, dan Lampung.
Hari Pelanggan Nasional juga menjadi pengingat bagi BRI untuk menempatkan nasabah sebagai pusat dari setiap inovasi.
Salah satunya terlihat dari keberhasilan super apps BRImo, yang kini menjadi kanal utama layanan keuangan digital BRI.
Hingga akhir Juni 2025, jumlah pengguna BRImo meningkat 21,2% year-on-year (yoy) menjadi 42,7 juta user, dengan volume transaksi tumbuh 25,5% yoy mencapai Rp3.231,7 triliun.
BRImo tak hanya hadir sebagai aplikasi transaksi digital, tetapi juga menjadi lifestyle platform yang menyediakan layanan lengkap mulai dari pembayaran QRIS, transfer antarbank, hingga pembelian produk investasi seperti Surat Berharga Negara (SBN) dan reksa dana.
Selain BRImo, BRI juga menghadirkan QLola by BRI sebagai bagian dari transformasi menuju universal banking untuk mendukung kebutuhan bisnis yang semakin kompleks.
Dengan fitur real-time report dan account statement, nasabah dapat memantau serta mengunduh laporan keuangan kapan saja.
Hingga Juni 2025, QLola by BRI membukukan volume transaksi Rp5.970 triliun atau tumbuh 36,8% yoy, dengan tambahan 75.000 klien baru sehingga total pengguna mencapai 258 ribu (naik 41,09% yoy).
Untuk melengkapi layanan, BRI juga meluncurkan Sabrina, virtual assistant berbasis AI yang dapat diakses melalui WhatsApp 0812 1214 017. Melalui Sabrina, nasabah dapat memperoleh informasi produk dan layanan BRI, menemukan lokasi kantor, ATM, maupun AgenBRILink, mengecek saldo dan mutasi rekening, hingga menyampaikan pengaduan yang dapat dilacak proses penyelesaiannya.
Hery Gunardi menegaskan bahwa peningkatan kualitas pelayanan akan terus menjadi fokus BRI.
“Kami percaya, mendengarkan, memahami kebutuhan, dan menghadirkan solusi yang relevan adalah kunci keberhasilan, terutama di tengah perubahan zaman yang semakin cepat.
Sebagai Banknya Rakyat Indonesia, kami berharap BRI selalu menjadi pilihan utama nasabah, sehingga bersama-sama dapat membangun ekonomi rakyat yang semakin kuat,” ungkapnya.
Sebagai tambahan, BRI juga menghadirkan beragam promo dan penawaran menarik yang dapat dinikmati nasabah di berbagai merchant. Informasi lebih lanjut mengenai promo HPN 2025 BRI tersedia di bbri.id/hpn25. (h/ita)