BANDUNG, HARIANHALUAN.ID – Sebagai bentuk dukungan nyata terhadap kemajuan UKM di era digital PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk menyelenggarakan workshop bertajuk “GO DIGITAL, GROW FASTER”. Acara ini bertujuan membekali pelaku usaha dengan wawasan tentang perilaku digital pelanggan dan strategi pemasaran digital yang efektif, agar bisnis mereka dapat tumbuh lebih cepat dan mampu bersaing di pasar.
“Di era digital, teknologi dan e-commerce sudah menjadi kebutuhan bagi UMKM untuk meningkatkan bisnis dan memperluas pasar. Sebagai BUMN, Telkom berusaha untuk membantu UKM melalui pelatihan-pelatihan ini, khususnya dalam meningkatkan kapabilitas di sisi teknologi digital, agar dapat beradaptasi dengan era digital,” ujar Manager Small Medium Enterprise (SME) Service II Khoirina Fajar.
Hadir juga Novia Fitriyani sebagai narasumber, owner Terli Beauty ini membagikan pengalamannya dalam mengoptimalkan berbagai kanal digital seperti media sosial dan platform e-commerce.
“Proses keputusan konsumen dimulai dari mengenali masalah, mencari informasi, lalu membandingkan brand supaya jadi pilihan utama. Keputusan untuk membeli dipengaruhi promo menarik, seperti payday sale. Review jujur juga penting untuk membantu keputusan membeli. TikTok menargetkan konten menarik agar sesuai minat beragam audiens, jadi penting untuk memperbanyak konten. Peluang besar bisnis biasanya dimulai dari hal-hal kecil,” tegasnya.
Dalam workshop ini, Novi juga membagikan bagaimana ia mengembangkan bisnisnya menggunakan affiliate marketing hingga dapat menembus pasar global. Selain materi mengenai marketing dan ekspansi bisnis, puluhan peserta yang hadir, juga mendapatkan insight mendalam mengenai salah satu solusi digital dari Telkom, yaitu Indibiz yang dirancang khusus untuk mendukung para pelaku usaha mengembangkan bisnis dengan produk digital dan konektivitas handal.
Indibiz hadir sebagai solusi digital terpadu yang mendukung UKM Indonesia menghadapi era digital dengan menyediakan internet cepat hingga 300 Mbps dan teknologi Smart IP Camera untuk keamanan dan efisiensi operasional. Solusi ini membantu UKM memperluas pasar, meningkatkan efisiensi, dan mendorong inovasi produk, sehingga mempercepat transformasi bisnis menuju digitalisasi yang kompetitif dan berkelanjutan.
Acara ini juga dilengkapi dengan sesi tanya jawab yang interaktif, memberikan kesempatan kepada peserta untuk mengajukan pertanyaan dan mendiskusikan permasalahan yang mereka hadapi dalam mengembangkan bisnis secara digital.
Sebagai perusahaan telekomunikasi digital terbesar di Indonesia, Telkom memiliki tanggung jawab moral untuk menjadi mitra strategis dalam mendukung pertumbuhan sektor usaha kecil, dan menengah (UKM). Melalui Indibiz, Telkom akan senantiasa mendukung UKM Indonesia dengan solusi yang relevan, mudah digunakan, dan berdampak langsung pada pertumbuhan bisnis. (*)














