Digitalisasi UMKM Tanah Air di DEWG G20 Indonesia 2022, Telkomsel Tunjukkan Potensi 99% Usahaku dan MyAds

Telkomsel

Telkomsel terlibat langsung dalam kegiatan Crash Course DEWG ke-3 yang bertajuk “UMKM Berdaya untuk Indonesia”. IST

HALUAN, JAKARTA – Telkomsel terus berupaya mengakselerasi transformasi digital UMKM di Indonesia, untuk memperkuat perekonomian digital bangsa dengan membuka peluang kolaborasi dan pemanfaatan aset ekosistem digital Telkomsel yang lebih luas.

Sebagai wujud nyata komitmen tersebut, Telkomsel terlibat langsung dalam kegiatan Crash Course Digital Economy Working Group (DEWG) ke-3 bertajuk “UMKM Berdaya untuk Indonesia” di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 21-22 Juli 2022.

Berkontribusi sebagai pembicara Center of Digital Society (CfDS), pada kegiatan tersebut Telkomsel berkesempatan menunjukkan potensi dan kapabilitas digital platform 99% Usahaku dan Telkomsel MyAds, untuk mendorong pemberdayaan UMKM melalui dukungan solusi digital yang komprehensif kepada sekira 40 peserta UMKM dari berbagai sektor yang hadir.

Crash Course masih menjadi bagian dari rangkaian penyelenggaraan G20 (Group of 20). Tepatnya, merupakan side event Industry Task Force (ITF) yang termasuk ke dalam rangkaian kegiatan DEWG ke-3. Keikutsertaan ini merupakan wujud nyata komitmen Telkomsel untuk terlibat secara langsung dalam mendukung rangkaian kegiatan G20, di samping memastikan kesiapan akses jaringan broadband berteknologi terdepan untuk mendukung kenyamanan konektivitas digital bagi seluruh delegasi G20.

Vice President Area Account Management Telkomsel, Samuel Pasaribu menjelaskan, dukungan terhadap UMKM sangat perlu dilakukan bersama. Terutama dalam membantu para pelaku UMKM, untuk dapat pulih bahkan lebih berkembang lagi usai pandemi Covid-19 melalui pemanfaatan teknologi digital terdepan.

Apalagi sektor UMKM masih mampu menjadi penggerak ekonomi nasional dengan kontribusi terhadap PDB sebesar 61,7 persen di tengah gempuran Covid-19 yang banyak membuat sektor-sektor industri lain turun.

“Sebagai bentuk komitmen dalam mendukung pemberdayaan sektor UMKM, kami turut hadir pada kegiatan ini untuk mengajak, sekaligus memberikan wawasan terkait pemanfaatan aset ekosistem digital Telkomsel, yaitu 99% Usahaku dan Telkomsel MyAds bagi para pelaku UMKM untuk dapat bangkit, adaptif dan semakin melesat dengan digital,” ujarnya.

Dengan mengusung tajuk “99% Usahaku Saling Terkoneksi Berbagi Solusi”, Telkomsel menyosialisasikan lima pilar bisnis platform 99% Usahaku dalam mendukung UMKM mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi. Kelima pilar bisnis tersebut meliputi Pemasokku, Pemodalku, Solusiku, Inspirasiku, dan Pasarku.

Melalui pilar Inspirasiku, Telkomsel berupaya meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kejelian para pelaku usaha dalam melihat, serta mengoptimalkan peluang untuk meningkatkan kapabilitas para pelaku UMKM melalui workshop, seminar hingga konten edukatif yang relevan. Pilar tersebut merupakan bagian dari upaya Telkomsel dalam mendukung perkembangan sektor UMKM dengan meningkatkan kapabilitas para pelaku usaha maupun individu yang terlibat agar dapat lebih bisa berdaya saing global.

Kemudian Telkomsel turut membuka peluang bagi pelaku UMKM untuk memenuhi kebutuhan stok produk atau bahan baku dalam jumlah besar (grosir) secara lebih mudah melalui pilar Pemasokku.

Saat ini, 99% Usahaku telah terintegrasi dengan 13 mitra supplier terpercaya (Blibli, Alfamart, Jiwalaku, hingga Bulog), guna mendukung kebutuhan mitra UMKM dalam memenuhi kebutuhan bahan baku atau stok produk. Selain mengatasi persoalan kebutuhan bahan baku atau stok produk, Telkomsel berupaya memudahkan pelaku UMKM dalam mengakses produk keuangan dan menghubungkan mereka dengan para pemodal melalui pilar Pemodalku.

Beberapa produk keuangan yang tersedia di platform 99% Usahaku saat ini meliputi Kredit Usaha Rakyat (KUR) BNI, Bank Syariah Indonesia (BSI), dan pinjaman dari JULO.

Untuk membantu para peserta UMKM agar lebih optimal dalam berkembang, Telkomsel turut memberikan pengetahuan dalam mengoptimalkan potensi dan kapabilitas Telkomsel MyAds secara efektif. Dalam hal ini, para peserta diharapkan dapat memanfaatkan berbagai fitur secara mendalam untuk dapat menjangkau lebih banyak konsumen hingga pelosok negeri. (*)

Exit mobile version