Pemkab Agam Terus Tingkatkan Ekonomi Pelaku UMKM

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha, Kecil dan Menengah Agam, Dedi Asmar

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha, Kecil dan Menengah Agam, Dedi Asmar

HARIANHALUAN.ID – Agar bisa bersaing dengan produk lain dalam meningkatkan ekonomi para pelaku usaha, Pemerintah Kabupaten Agam terus melakukan berbagai promosi seluruh produk milik Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) daerah itu.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha, Kecil dan Menengah Agam, Dedi Asmar menyebutkan, promosi yang dilakukan dengan cara memanfaatkan Pasar Agro Kecamatan Ampek Angkek untuk memajang produk dari UMKM. 

“Pasar Agro itu sudah dibersihkan dan lokasi sangat strategis, karena berada di jalan lintas menghubungkan Kota Padang menuju Provinsi Riau,” ucapnya pada Senin (22/8/2022).

Lanjut Dedi, Pemkab Agam juga menerapkan aturan bagi Aparatur Negeri Sipil (ASN) untuk memakai hasil kerajinan UMKM setiap Kamis. Setelah itu, memakai produk sulaman asli daerah itu setiap ada kegiatan pertemuan di luar provinsi.

Lalu memakai sulaman, saat ada acara Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi dan pertemuan lainnya. 

“Kami bangga memakai produk sendiri saat ada pertemuan dan ini bentuk promosi, karena promosi sangat penting agar produk dikenal orang,” katanya. 

Dedi mengatakan, selain Pasar Agro promosi terhadap produk UMKM juga dilakukan di dalam jaringan. “Kami telah memberikan pelatihan tehadap pelaku usaha, agar bisa mempromosikan di sana,” katanya lagi.

Selain itu, Dinas Koperindagkop UKM Agam juga melakukan pendampingan ke UMKM tersebut dalam bentuk permodalan yang dihadapi, izin usaha, BPOM dan lainnya. 

Pendampingan itu dilakukan oleh tenaga khusus yang telah dibentuk setiap kecamatan di daerah itu. “Ini telah kami lakukan dalam upaya agar produk UMKM Agam, bisa bersaing dengan produk UMKM lainnya,” tuturnya. (*)

Exit mobile version