Hari Pelanggan Nasional, BSI: Transformasi Digital untuk Bangun Customer Engagement

BSI Padang

HARIANHALUAN.ID – Hari Pelanggan Nasional menjadi momentum bagi PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) untuk selalu dekat dihati nasabah. BSI senantiasa mengedepankan layanan yang ultimate melalui beragam solusi digital untuk memberikan kemudahan bagi nasabah dalam bertransaksi. 

Sebagai bentuk apresiasi kepada nasabah, jajaran Manajemen PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) Area Padang turut hadir langsung untuk melayani nasabah di BSI Kantor Cabang Padang Imam Bonjol.

Dalam momentum tersebut, Area Manager BSI Padang, Aidil Bustamir mengatakan, BSI siap memberikan layanan yang ultimate melalui beragam solusi digital untuk menjawab pergeseran perilaku nasabah setelah masa pandemi Covid-19. 

“BSI sangat peduli terhadap kebutuhan dan kemudahan transaksi nasabah. Oleh karena itu, BSI terus bertransformasi memberikan Ultimate Service dan Operational Excellence melalui inovasi layanan transaksi keuangan dan digitalisasi,” tutur Aidil.

Salah satu layanan transaksi digital adalah BSI Mobile yang hadir untuk memberikan manfaat bagi nasabah sebagai sahabat financial, sahabat sosial dan sahabat spiritual dengan berbagai fitur kemudahan. Seperti pembukaan rekening secara online, kemudahan transaksional melalui fitur transfer, belanja online, transaksi QRIS, top up pulsa, beli token listrik, top up e-wallet, pembayaran sekolah, dan pembiayaan, pembukaan Tabungan E-Mas dan juga Gadai Emas via Online

BSI Mobile juga menjawab kebutuhan nasabah dari sisi spiritual sebagai uniqueness BSI untuk memudahkan langkah ibadah melalui fitur berbagi zakat, infaq dan sodaqoh, fitur-fitur Islami, seperti waktu salat, juz amma, asmaul husna, fitur lokasi masjid terdekat dan arah kiblat yang tepat.

Pengembangan ekosistem digital produk dan fitur BSI Mobile akan terus dilanjutkan, dalam waktu dekat diharapkan super apps BSI Mobile dengan fitur yang lebih lengkap dapat memberikan  manfaat yang lebih banyak bagi Masyarakat luas.

Begitupun fasilitas kemudahan transaksi di kantor cabang, setiap petugas akan memandu nasabah untuk memanfaatkan fasiitas BSI Mobile, ATM dan CRM, Digital Form, serta fasilitas lainnya, sehingga proses transaksi menjadi lebih simpel dan sesuai dengan lifestyle nasabah.

Selain itu, khusus bagi 50 nasabah yang bertransaksi di kantor cabang pada tanggal 5 September 2022, akan mendapatkan souvenir manis, nasabah juga dapat menyampaikan testimoninya melalui aplikasi Customer Satisfaction Survey sebagai bentuk evaluasi layanan dalam membangun Customer Engagement.

Melalui Kick Off BSI Customer Engagement, Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) Hery Gunardi beserta seluruh Top Management telah berkomitmen untuk terus mendengarkan testimoni, masukan, saran dari nasabah sebagai inspirasi dalam melakukan inovasi. 

“Alhamdulillah berkat dukungan masyarakat, transaksi digital  PT Bank Syariah Indonesia Tbk terus meningkat dimana per Juni 2022, user pengguna BSI Mobile mencapai 4,07 juta user, naik sebesar 81 persen secara yoy. Jumlah pengguna yang semakin meningkat dipengaruhi oleh perubahan perilaku masyarakat yang mulai beralih ke e-channel BSI Mobile, ATM maupun Internet Banking,” ujar Aidil.

Saat ini profil nasabah BSI sebanyak 97 persen telah beralih menggunakan e-channel untuk beraktivitas perbankan. Transaksi kumulatif BSI Mobile per Juni 2022 mencapai 117,72 juta transaksi dan berkontribusi memberikan fee based income sebesar Rp119 miliar.

Bank Syariah Indonesia saat ini juga menjadi satu dari delapan penyelenggaraan jasa pembayaran (PJP) QRIS antara Indonesia-Thailand. Lewat kerja sama itu, nasabah BSI dan masyarakat Indonesia sudah bisa menggunakan QRIS via BSI Mobile untuk bertransaksi di Thailand.

Pemberlakukan QRIS antar negara ini juga diyakini dapat mendorong pertumbuhan penggunaan layanan BSI mobile. Sebagaimana diketahui, Per Juni 2022, pengguna BSI Mobile telah mencapai 4,07 juta, naik sebesar 81 persen secara tahunan, dengan transaksi kumulatif BSI Mobile per Juni 2022 mencapai 117,72 juta transaksi dan berkontribusi memberikan fee based income sebesar Rp119 miliar. 

Adapun transaksi QRIS BSI, lanjut Aidil, juga terus meningkat secara signifikan. Pada Januari hingga Juni 2022, total transaksi QRIS BSI sebesar 2,7 juta transaksi dengan nilai mencapai Rp524 miliar. Jumlah tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, yaitu sebanyak 459 ribu transaksi dengan nilai sebesar Rp37 miliar.

Selain itu, guna memanjakan nasabah, BSI juga memberikan berbagai promosi menarik bagi nasabah yang selalu bertransaksi menggunakan BSI debit dan BSI Hasanah Card, seperti diskon/voucher belanja diberbagai swalayan, diskon/cashback sd Rp500 ribu rupiah diberbagai tempat kuliner, diskon bagi nasabah yang berbelanja melalui e-commerse hingga diskon 10 persen bagi nasabah yang berbelanja keperluan renovasi rumah di mitra 10.

BSI juga memberikan diskon untuk kebutuhan kepemilikan kendaraan melalui BSI OTO berupa cashback, diskon biaya admin dan hadiah langsung logam mulia, nasabah dapat mengunjungi website BSI untuk mendapatkan seluruh informasi program promo melalu www.bankbsi.co.id/promo. (*)

Exit mobile version