Perindagkop dan UKM Solok Selatan Sosialisasi Pengelolaan Pasar Nagari

Perindagkop dan UKM Solsel

Saat pembukaan sosialisasi pengelolaan pasar nagari berlangsung di Hotel Pesona Alam Sangir, Solok Selatan, Kamis (8/12/2022). IST

HARIANHALUAN.ID – Kuatkan pengelolaan pasar nagari, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Perindagkop dan UKM) Solok Selatan melaksanakan sosialisasi pengelolaan pasar nagari Tahun 2022 di Hotel Pesona Alam Sangir, Solok Selatan, Kamis (8/12/2022).

Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Solok Selatan, Akmal Hamdi mengatakan, pentingnya pengelolaan pasar nagari harus dioptimalkan pengelolaannya oleh pemerintahan di masing-masing nagari.

“Sejak 2018 lalu, kita sudah melakukan aset dan pengelolaannya ke pihak nagari. Pengelolaan yang dilakukan nagari ini, tentunya bisa menambah sumber pendapatan asli nagari nantinya,” ujarnya.

Apalagi, lanjut Akmal Hamdi, pengelolaan pasar nagari sepenuhnya juga telah diserahkan kepada pemerintah nagari. Sehingga diperlukan upaya-upaya optimalisasi melalui penguatan lainnya, seperti pembuatan regulasi turunan dari pengesahan Perbup Solok Selatan yang telah ada.

“Kita menyadari pentingnya sosialisasi pengelolaan ini juga dikarenakan adanya kekurangan-kekurangan yang perlu ditambah, seperti regulasi turunan demi penguatan pengelolaan pasar nagari atau yang lainnya bagi masing-masing pemerintahan nagari yang akan mengelolanya,” katanya.

Dari sosialisasi pengelolaan pasar nagari tersebut, Dinas Perindagkop dan UKM Solok Selatan mengharapkan setelah sosialisasi ini selanjutnya dapat diterapkan mengenai aturan dan pengelolaannya dari optimalisasi pengelolaan pasar nagari se-Kabupaten Solok Selatan.

Lebih lanjut Bupati Solok Selatan, Khairunas juga menjelaskan, pasar nagari adalah aset nagari yang tentunya harus dijaga dan dimanfaatkan dengan baik. Sehingga selanjutnya dapat dikelola dengan baik dan tertib.

“Pemanfaatan pasar nagari ini harus dapat dikembangkan dengan baik demi peningkatan pertumbuhan ekonomi nagari melalui peningkatan PAD di masing-masing nagari. Kita ingin pengelolaan ini dapat dikelola dengan sebaik-baiknya tanpa adanya pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab,” katanya menjelaskan.

Dengan begitu, Pemkab Solok Selatan mengharapkan pengelolaan pasar nagari kedepannya dapat mencapai tujuannya, sehingga turut mempercepat pembangunan bagi pemerintahan di masing-masing nagari dan juga tetap dengan mengintegrasikan program dan kegiatan Kabupaten Solok Selatan yang lebih maju dan sejahtera. (*)

Exit mobile version