Kube Bungo Tanjung Produksi Songket Bermotif Unik

Songket karya ibu-ibu di Lubuk Begalung, Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang mulai go nasional. Songket bermerk Bungo Tanjung ini memiliki keunggulan dengan motif yang unik.

HALUANNEWS, PADANG – Di kelurahan Lubuk Begalung, kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang “ada tangan tangan terampil membuat motif Songket, kombinasi warna, benang emas, yang bermakna filosofi serta memiliki daya tarik tersendiri.

“Mereka Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Bungo Tanjuang, kelompok usaha masyarakat yang bergerak dibidang ekonomi kreatif dan kerajinan tangan. Jari jemari kaum ibu ibu itu lihai menari nari dengan jarum sulam dipermukaan kain,” ungkap Lurah Lubuk Begalung Yusdi, Rabu (13/3/2022).

Di negeri ini batik memang kesukaan masyarakat dan telah banyak yang populer karena keindahan ukirannya.

Namun keindahan songket yang dihiasi Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Bungo Tanjuang tak kalah dengan variasi motifnya. Buktinya telah banyak para pejabat yang memesan dan memakainya. Aceh juga telah memesan dengan motif yang diinginkannya, sebut Yusdi.

Keindahan motif songket membuat helaian kain itu bernilai jual yang lebih baik di pangsa pasar. Termasuk Songket benang emas dan perak berlatar kain menimbulkan efek temaram kemilau yang biasanya dipakai pada acara tertentu.

Sebagai ciri khas Songket Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Bungo Tanjuang supaya memberi namanya seperti songket yang terkenal di Sumatera Barat “Songket Pandai Sikek dan Songket Silungkan”. Ini kalau memungkinkan, ucap Lurah Yusdi. (*)

Exit mobile version