MEDAN, HARIANHALUAN.ID — PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk sukses melaksanakan uji coba kesiapan network dan IT infrastructure. Hal ini guna memastikan kesiapan seluruh jaringan dan infrastruktur Telkom saat Ramadan, Idulfitri 1444 Hijriah, dan KTT ASEAN ke-42.
Kegiatan ini dihadiri Direktur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko didampingi EVP Telkom Regional I Teddy Hartadi di Medan, pada Rabu (12/4) lalu. Kegiatan diawali rehearsal test digital network & IT infrastructure sebagai uji coba kesiapan seluruh sistem infrastruktur layanan telekomunikasi & digital Telkom.
Dikutip dari CNN Indonesia, langkah ini untuk memberikan layanan yang Always On dengan kualitas terbaik atau Excellence Quality dalam menghadapi momen Ramadan dan Idulfitri 1444 H serta Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42.
Uji coba sukses dilakukan pada enam item yang berlokasi di Medan dan Labuan Bajo, termasuk lokasi Media Center KTT ASEAN ke-42. Pelaksanaan uji coba di Medan sekaligus menjadi puncak rangkaian rehearsal test setelah sebelumnya dilaksanakan uji coba terhadap 1.498 aktivitas jaringan, infrastruktur dan platform digital yang tersebar di tujuh regional.
“Dengan suksesnya rehearsal test ini, semua infrastruktur kita sudah siap dan kitapun siap mengawal untuk memberikan customer experience terbaik bagi pelanggan dan masyarakat yang akan merayakan Idulfitri,” ujar Herlan dikutip Jumat (14/4).
Herlan menyampaikan, melalui kegiatan uji coba ini dapat semakin meningkatkan kemampuan dan kapabilitas seluruh petugas dalam mengelola dan mengawal kualitas infrastruktur Telkom untuk menciptakan pengalaman pelanggan terbaik.
Selain kegiatan uji coba, sebagai bagian dari rangkaian program TelkomGroup Siaga Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 2023, dilaksanakan kegiatan Safari Ramadan yang diawali dengan kunjungan ke Integrated Operation Center (IOC) Regional 1 Sumatera.
Kegiatan ini untuk mengecek kesiapan seluruh sumber daya termasuk petugas posko dalam mengawal kualitas jaringan dan infrastruktur di momen hari raya Idulfitri.
Dalam kunjungannya, Herlan didampingi EVP Telkom Regional Teddy Hartadi, turut menyampaikan apresiasi kepada para petugas yang telah berkomitmen menjaga kualitas layanan jaringan selama Ramadan hingga masa libur lebaran nanti.
Acara dilanjutkan dengan kunjungan ke GraPARI TelkomGroup Medan untuk memastikan kesiapan serta kualitas pelayanan baik IndiHome maupun Telkomsel, dan ditutup dengan agenda tatap muka bersama karyawan serta penyerahan bantuan CSR berupa santunan anak yatim, santunan dhuafa, serta bantuan perangkat komputer untuk sekolah dengan total nilai bantuan nasional lebih dari Rp3 Miliar.
Herlan juga menekankan pentingnya talenta digital berkualitas untuk mengelola infrastruktur, karena melalui infrastruktur dengan performa terbaik dapat menciptakan pengalaman pelanggan terbaik pula.
Sehingga diharapkan melalui kegiatan ini dapat mendorong seluruh karyawan TelkomGroup sebagai talenta digital yang berkualitas untuk semakin aktif berkontribusi memberikan yang terbaik.
“Mari kita berkomitmen untuk terus memberikan kontribusi terbaik bagi seluruh pelanggan dan masyarakat Indonesia,” kata Herlan.
TelkomGroup Siaga RAFI 2023 merupakan program tahunan Telkom dalam menghadapi momen Ramadan dan Idulfitri yang terdiri dari program excellence CX, special service project for customer, digital experience, serta charity for Indonesia. (dj/*)