Pengusaha Muda Diharapkan Memperluas Lapangan Kerja di Sumbar

FOTO HL : RESMI DILANTIK—Jajaran Pengurus BPD Hipmi Sumbar periode 2021-2024, usai dilantik secara resmi oleh Ketua Umum BPP Hipmi Mardani H. Maming, di aula Kantor Gubernur Sumbar, Selasa (26/10). TIO FURQAN

PADANG, HALUAN—Tumbuhnya perekonomian berkaitan erat dengan terbukanya banyak lapangan kerja. Oleh karena itu, generasi muda Sumatra Barat (Sumbar) diminta untuk mengasah jiwa wirausaha serta memanfaatkan jejaring yang ada, agar ke depan dapat membuka lapangan pekerjaan yang lebih luas.

Sambutan itu disampaikan Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (Ketum BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi), Mardani H. Maming, saat pelantikan Kepengurusan Badan Pengurus Daerah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPD Hipmi) Sumatra Barat (Sumbar) periode 2021-2024, Selasa (26/10) di Aula Kantor Gubernur Sumbar.

“Kepengurusan baru BPD Hipmi Sumbar yang dinahkodai saudara Brian Putra Bastara saat ini didominasi oleh generasi muda. Sehingga, semangat untuk berkontribusi bagi dunia usaha di Sumbar mestinya semakin terbuka lebar. Tumbuhnya perekonomian daerah sangat bergantung pada tersedianya lapangan kerja yang lebih banyak,” kata Mardani H. Maming.

Mantan Bupati Tanah Bumbu dua periode itu mengingatkan, pada era bonus demografi, anak muda dituntut berinovasi dan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan Pemerintah Kabupaten/Kota (Pemkab/Pemko), guna melahirkan lebih banyak pengusaha muda yang dapat membuka lapangan kerja yang seluas-luasnya di Sumbar.

Mardani menambahkan, Kepengurusan BPD Hipmi Sumbar periode 2021-2024 yang baru saja dilantik agar langsung berkontribusi dalam mendukung visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) Sumbar, yang salah satunya adalah menciptakan 100 ribu entrepreneur baru di Sumbar.

“Hipmi sendiri memiliki kelebihan dalam hal networking atau jejaring, yang bisa dimanfaatkan untuk mewujudkan program kerja pengurus Hipmi Sumbar. Saat ini, ada empat mentri di kabinet yang memiliki DNA Hipmi. Ini mempertegas bahwa Hipmi adalah mitra strategis Pemda untuk mengembangkan dunia usaha,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah turut mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus BPD Hipmi Sumbar periode 2021-2024 yang dinahkodai Brian Putra Bastara, yang juga berstatus CEO Haluan Media Group (HMG). Mahyeldi berharap, lewat kepengurusan baru Hipmi, semangat baru berkontribusi bagi daerah semakin tumbuh.

“Sekaitan dengan sektor perekonomian, terutama dalam menciptakan lapangan kerja yang secara langsung dapat menurunkan angka pengangguran di Sumbar. Saya yakin, kolaborasi antara Pemda dengan Hipmi akan berdampak positif,” kata Mahyeldi.

Menurut Mahyeldi, peran pengusaha sangat vital dalam perekonomian di daerah. Sehingga, saat semakin banyak pengusaha di daerah, maka semakin tinggi pula pertumbuhan ekonomi suatu daerah, yang pada akhirnya akan meningkatkan pula kesejahteraan masyarakat.

“Pemprov Sumbar terus berupaya agar jumlah pengusaha kita terus bertambah melalui program unggulan menciptakan 100 ribu entrepreneur, yang tentu saja sangat membutuhkan dukungan dari Hipmi Sumbar. Kita berharap, Hipmi Sumbar dapat menyebarkan spirit pada generasi muda untuk menjadi pengusaha,” katanya lagi.

Gubernur mengakui, bahwa salah satu peran Hipmi yang sangat dirasakan manfaatnya di Sumbar adalah hadirnya bantuan Kementrian Invenstasi dalam pengolahan komoditi gambir. Sebagaimana diketahui, gambir sendiri adalah komoditi unggulan Sumbar yang selama ini tidak terkelola dengan baik, sehingga nasib petaninya belum bagus.

“Dengan relasi dan jejaring Hipmi, Sumbar bisa mendapatkan bantuan dari Kementerian Invenstasi, dan ini sangat membahagiakan bagi kita,” ujar Mahyeldi.

Sementara itu, Ketum BPD Hipmi Sumbar, Brian Putra Bastara mengatakan, Hipmi Sumbar telah berusaha menerjemahkan visi dan misi Gubernur dan Wagub Sumbar, terutama sekali dalam hal menciptakan 100 ribu entrepreneur di Sumbar. Menurutnya, Sumbar saat ini memang membutuhkan lebih banyak entrepreneur muda.

“Lewat pengusaha muda, kita berharap perekonomian masyarakat yang hampir dua tahun terakhir luluh lantak karena pandemi Covid-19, kembali bisa membaik. Saat ini, inovasi dan kolaborasi dengan semua pihak adalah hal yang sangat dibutuhkan, terlebih mengingat era saat ini adalah era digitalisasi,” kata Brian.

Brian berharap, agar Hipmi Sumbar terus diberi ruang untuk berkontribusi dan bekerja sama dengan Pemprov dan Pemkab/Pemko di Sumbar, pada setiap kebijakan maupun regulasi yang berhubungan dengan sektor perekonomian. Ia menegaskan, Hipmi Sumbar siap untuk menjadi motor penggerak inovasi dan kolaborasi kebangkitan ekonomi di Sumbar.

“Hipmi Sumbar periode 2021-2024 siap untuk menyebarkan virus entrepreneur pada generasi muda Sumbar guna mendukung visi dan misi Pemda. Kita sudah siapkan beberapa program strategis untuk menggerakkan perekonomian daerah, bersama-sama dengan pemerintah. Salah satunya adalah program Hipmi Masuk Sekolah,” ucapnya.

Tampak hadir dalam agenda pelantikan tersebut, Anggota DPR RI Athari Gauti Ardi, Tokoh Minang H. Basrizal Koto, Forkopimda Sumbar, Bupati dan Wali Kota se-Sumbar, Pimpinan Wilayah BRI, Ketua Kadin Sumbar, Dewan Pembina serta Pengurus Hipmi Sumbar, Ketua BPC Hipmi kab/kota se-Sumbar, pimpinan BUMN/BUMD, Rektor PTN/PTS, serta tamu undangan lainnya. (h/mg-dar)

Exit mobile version