Harga Sapi Kurban di Agam Mencapai Rp28 Juta

Dinas Pertanian Kabupaten Agam, menyatakan harga sapi kurban di daerah itu mencapai Rp18juta sampai Rp28 juta per ekor sesuai dengan ukuran dari ternak tersebut. IST

AGAM, HARIANHALUAN.ID – Dinas Pertanian Kabupaten Agam, menyatakan harga sapi kurban di daerah itu mencapai Rp18juta sampai Rp28 juta per ekor sesuai dengan ukuran dari ternak tersebut. 

“Ini berdasarkan data yang kami peroleh dari pedagang sapi di sejumlah pasar ternak di daerah itu,” sebut Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Pertanian Agam Farid Muslim akhir pekan lalu.

Lanjut Farid, harga sapi Rp18 juta itu dengan berat hidup sekitar 150 kilogram, jenis sapi Bali dan Pesisir. Sementara harga sapi Rp28 juta dengan berat 300 kilogram jenis sapi Bali dan Pesisir yang berukuran besar. 

“Biasanya sapi dengan berat 300 kilogram itu bisanya untuk kurban keluarga atau kelompok,” katanya. 

Farid mengatakan, nilai kurban di Agam dari Rp2,7 juta sampai Rp2,8 juta per orang dan satu ekor sapi dengan jumlah tujuh orang.

Terkait persediaan sapi kurban, tambahnya, pedagang pengumpul telah menyediakan sapi yang bakal dipotong pada Idul Adha 1444 Hijriah. 

Sapi tersebut didatangkan dari kabupaten, kota di Sumbar, Sumatera Utara, Lampung dan lainnya. 

“Persediaan sapi tersedia untuk kebutuhan Idul Adha, karena sapi sudah berdatangan dari daerah lain,” katanya. 

Farid mengakui, pemotongan pada tahun ini bakal meningkat dibandingkan tahun sebelumnya hanya sebanyak 5.609 ekor. 

Namun, Dinas Pertanian Agam sedang melakukan pendataan prediksi pemotongan sapi kurban pada tahun ini. 

“Kami masih mendata dan kita juga bakal menurunkan tim pemantauan kesehatan hewan kurban dengan jumlah 45 orang,” tutupnya. (Per).

Exit mobile version