Solok Selatan Dorong Kemajuan Sektor Pertanian, 80 Hektare Lahan Difasilitasi Bibit

Bupati Solok Selatan Khairunas

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.ID – Pemkab  Solok Selatan terus mendorong sektor pertanian di antaranya dengan memberikan bibit untuk 80 hektare lahan pertanian di Simancuang dan Karang Hitam Pauh Duo.

Bupati Solok Selatan Khairunas mengatakan sektor pertanian, peternakan, kehutanan, dan perikanan merupakan sektor terbesar yang memberikan kontribusi sehingga laju pertumbuhan ekonomi Solok Selatan meningkat hingga mencapai 4,02 persen pada tahun 2022 lalu.

“Ini meningkat dari tahun sebelumnya sebesar 0,67 persen dan sumbangsih terhadap produk domestik regional bruto (PDRB) Solsel 27,69 persen tahun 2022 kemarin,” kata Khairunas, Kamis (8/6).

Artinya berbagai upaya baik melalui kebijakan, program dan kegiatan yang telah dilaksanakan terhadap sasarannya di bidang pertanian mulai menunjukkan hasil yang positif. Apalagi ini diwujudkan melalui kerja kolaborasi demi pembangunan Solok Selatan.

“Selaku pemerintahan kami berkewajiban memberikan kemudahan. Kita harus terus mendorong para petani dan masyarakat kita untuk pertanian yang lebih baik ke depannya,” ujarnya.

Adapun untuk meningkatkan sektor pertanian tersebut, 80 hektare yang difasilitasi Pemkab Solok Selatan, khususnya di Simancuang dan Karang Hitam Pauh Duo ditargetkan masa panennya hingga 2 kali dalam setahun.

Demi mendorong kemajuan sektor pertanian tersebut, Pemkab Solok Selatan juga turut berkomitmen untuk mempermudah urusan kepada kelompok pertanian dalam rangka kemajuan pertanian yang lebih baik lagi.

“Kepada OPD kita juga meminta untuk membantu menyosialisasikannya. Apalagi saat ini pendataan terhadap pertanian masih kurang, sehingga perlu dilakukan pendataan yang maksimal,” ujar Bupati Solok Selatan tersebut.

Kemudian Pemkab Solok Selatan juga turut mendorong instansi terkait dan yang lainnya untuk memperbanyak kegiatan yang memiliki dampak besar dan dekat dengan masyarakat agar dapat mewujudkan manfaat kepada masyarakat dan Kabupaten Solok Selatan umumnya. (h/mg-jum)

Exit mobile version