Kisah Hidup Opick Sang Pengubah Lagu Religi, Dari Pengamen Jalanan Hingga Guru Ngaji

HALUANNEWS – Nasib manusia tiada yang tau  Susah, senang bahagia sudah ditakdirkan oleh  Sang Pencipta.

Begitu juga dengan kisah hidup Opick, penyanyi religi yang sukses melakukan perubahan genre musik hingga menghasilkan lirik dan alunan musik yang menyentuh.

Sebagai musisi yang punya nama besar tentunya ada sebuah perjalanan panjang penuh perjuangan. Dia harus melalui banyak hal sebelum mencapai statusnya sekarang.

Lahir pada 16 Maret 1974 di Jember, Jawa Timur, lelaki bernama asli Aunur Rofiq Lil Firdaus ini sudah senang bermusik sejak SMP. Demi mewujudkan mimpinya menjadi musisi, Opick pun merantau ke Jakarta pasca lulus SMA dan mengadu nasib di kota besar.

Di Jakarta, Opick memilih untuk mendalami musik rock sebagai genre utamanya. Namun ada beberapa lika-liku yang harus dia jalani di sepanjang awal kariernya.

Sempat mengamen di halte dan menjadi pekerja di sebuah studio, Opick memutuskan menjadi guru mengaji di lingkungan tempat tinggalnya sebagai pekerjaan penyambung hidup. Tak disangka, di sanalah dia bertemu dengan Dian Rositaningrum sang istri pertamanya.

Tak kunjung menemukan titik terang dalam kehidupannya dan karier musik rock-nya, Opick mendapat tawaran untuk membuat musik religi karena kepribadiannya yang taat agama. Iseng menjajal setelah bimbang, rupanya musik religi yang berhasil meningkatkan taraf hidup Opick.

Melejit berkat lagu Tombo Ati, kini nama Opick berhasil kokoh di industri musik Indonesia sebagai musisi lagu religi.

Sudah mendapat sederetan penghargaan platinum dan berkolaborasi dengan musisi dalam negeri ternama, Opick juga sempat menjajal berakting di dua film layar lebar. (*)

Exit mobile version