Bangkitkan Ekonomi Masjid, BSI Gelar Gema Ramadan di Masjid Raya Sumbar

BSI

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) Area Padang menunjukan program konkret mendorong kebangkitan ekonomi masjid dan meningkatkan literasi syariah melalui kegiatan Gema Ramadan 1443 H. YESI

HALUANNEWS, PADANG — PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) Area Padang melaksanakan kegiatan Gebyar Masjid (Gema Ramadan) 1443 Hijriah. Kegiatan ini menunjukan program konkret untuk mendorong kebangkitan ekonomi masjid dan meningkatkan literasi syariah.

Kegiatan ini berlangsung di Masjid Raya Sumbar mulai 13 April 2022 sampai dengan 20 April 2022.

Regional CEO RCEO III BSI Area Palembang, Alhuda Djanis mengatakan, Gema Ramadan merupakan salah satu rangkaian program Ramadan yang digelar BSI di masjid-masjid.

“Saat ini secara serentak Gema Ramadan sudah digelar di 15 kota se-Indonesia, mulai dari Kota Aceh sampai Makasar,” ucap Alhuda saat pembukaan Gema Ramadan, Rabu (13/4/2022).

Dikatakannya, gerakan ini dalam rangka meningkatkan literasi perbankan syariah di samping juga memakmurkan masjid dan mendukung UMKM. Saat ini, literasi perbankan syariah masih minim, hal ini perlu ditingkatkan agar negara dengan umat muslim terbesar tidak kalah seperti negara lain, seperti Inggris misalnya yang perbankan syariahnya sudah maju.

“Untuk mencapainya kita bersyukur mendapat dukungan penuh dari Menteri BUMN dan juga Presiden bahkan BSI satu-satunya bank yang diluncurkan di istana,” tuturnya.

Kebanggan lainnya, potensi tumbuhnya perbankan syariah di Sumbar didukung dengan falsafah ABS-SBK. Ia berharap, kehadiran BSI sesuai harapan bisa menjadi lokomotif dan mendorong bisnis-bisnis syariah dan ekosistem halal lainnya termasuk masjid.

Selain itu, katanya, pemilihan Gema Ramadan BSI di masjid mempunyai cita-cita agar masjid kebanggan di setiap kota bukan hanya untuk ibadah, tapi juga bisa mendorong bisnis masyarakat.

Sementara itu, Area Manajer BSI Padang, Budi Abdiriva mengatakan, Gema Ramadan ini diisi dengan berbagai kegiatan di antaranya kajian Ramadan, bazaar UMKM, kuliner, berbagi takjil dan sahur, webinar dan pelatihan usaha.

“Untuk bazar yang ikut ada sekitar 24 UMKM binaan BSI, di bidang kuliner, fesyen dan lainnya. Selain itu, juga ada pelatihan yang bekerja sama dengan Hipmi dan kegiatan lainnya,” kata Budi.

Dengan adanya program ini, BSI berharap bisa menjadi bagian masyarakat khususnya dalam menyambut bulan Ramadan. Program Gema Ramadan juga merupakan bagian dari cara untuk meningkatkan literasi dan penetrasi tentang keuangan dan perbankan syariah, sehingga keberadaan bank syariah dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat.

“Harapannya acara ini menjadi bagian untuk turut berkontribusi dan memberikan manfaat kepada umat. Yakni BSI sebagai sebagai sahabat finansial, sahabat sosial dan sahabat spiritual,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua DMI Sumbar, Duski Samad mengatakan, pihaknya memberikan dukungan atas kegiatan Gema Ramadan BSI yang memilih Masjid Raya Sumbar sebagai pusat kegiatannya.

Ia menyebut, ekosistem syariah berbasis masjid ada beberapa turunan program, antara lain memindahkan rekening hampir 16 ribu masjid di Sumbar menjadi bank syariah. (*)

Exit mobile version