30 Anak Yatim Dibawa BSI Berbelanja Baju Lebaran

bawa anak yatim

Suasana saat BSI Area Padang mengajak anak-anak yatim berbelanja baju Lebaran di Matahari Basko Mall Padang, Senin (25/4/2022). YESI

HALUANNEWS, PADANG — Sebanyak 30 anak yatim dibawa oleh Bank Syariah Indonesia (BSI) Area Padang ke Matahari Basko Mall untuk berbelanja baju Lebaran, Senin (25/4/2022).

Area Manager BSI Padang, Budi Abdiriva mengatakan, program rutin tahunan ini dihimpun dari zakat, infaq dan sedekah pegawai BSI dan anggaran dari kantor pusat.

“Dananya dari pegawai BSI seluruhnya yang punya niat zakat, infaq dan sedekah, yang nantinya terkumpul langsung disalurkan untuk anak-anak yatim. Nanti ditambah kantor pusat menganggarkan setiap kantor cabang itu Rp3 juta,” ucapnya.

Lebih jauh Budi mengatakan, anak-anak yatim yang diajak belanja hanya oleh cabang Padang saja, sedangkan di cabang lain seperti di Payakumbuh, Bukittinggi karena terbatas jarak akan diadakan terpisah dan tidak digabung.

Selain itu, anak yatim yang diajak dalam program berbelanja baju Lebaran oleh BSI ini merupakan anak-anak yatim rekomendasi dari karyawan-karyawan BSI yang dinilai layak dan benar-benar membutuhkan.

“Jadi kita bantu yang di lingkungan terdekat dulu. Kita ajak belanja, mereka pilih sendiri satu orang diberi Rp1 juta dan kita sarankan 80 persen digunakan untuk sandang, seperti pakaian, sepatu Lebaran, selebihnya untuk makanan dan kebutuhan hari raya lainnya,” ucapnya.

Budi menambahkan, inisiasi ini muncul agar karyawan merasakan bahwasanya hidup tidak untuk diri kita sendiri, kita juga harus punya manfaat untuk orang lain sesuai juga dengan program-program BSI, yang harus bermanfaat untuk masyarakat.

Di sisi lain dengan kegiatan ini juga bertujuan membahagiakan anak yatim untuk berlebaran, supaya mereka berbahagia menghadapi Lebaran. Di luar Ramadan, BSI juga rutin menyantuni anak yatim dengan program inovatif, seperti mengajak makan di restoran.

Di tempat yang sama, Asisten Manager Matahari Basko Mall, Dina Anisa mengapresiasi kegiatan BSI ini. Dikatakannya, BSI di Tahun 2022 banyak membuat gebrakan kegiatan yang bermanfaat.

“Selama ini sering lihat BSI ada program buat UMKM, pelatihan-pelatihan, gema Ramadan di Masjid Raya Sumbar dan ternyata ada juga di Matahari ngajak belanja bocil-bocil, Masya Allah. Luar biasa banget, semoga berkah dan kontinue. Semoga tahun depan ketemu lagi dan lebih banyak anak-anak yatim penerima manfaatnya,” ucapnya.

Ia menyebutkan, Matahari Basko Mall menyediakan waktu khusus dari pukul 07.30 WIB hingga pukul 10.00 WIB untuk program BSI berbelanja baju Lebaran untuk anak yatim ini. Selain itu, Matahari Basko Mall juga memberikan voucher senilai Rp150.000.

Di tempat yang sama, salah satu orang tua yang anaknya mendapat belanja baju Lebaran dari BSI, Novi (35) mengungkapkan rasa syukur dan terima kasihnya kepada BSI.

“Kita sangat bahagia. Alhamdulillah tertolong, tadi sudah pilih baju dan sepatu untuk anak juga mau ambil makanan di bawah. Terima kasih banyak dan berkah hendaknya buat BSI,” ucap ibu dari Aisyah ini.

Ia berharap program kreatif ini bisa terus berlangsung hingga tahun selanjutnya. (*)

Exit mobile version