PADANG, HARIANHALUAN.ID – Sebanyak 150 orang para pelaku UMKM di Kota Padang mengikuti pelatihan digital marketing yang digelar oleh Dinas Koperasi dan UKM Kota Padang, Kamis (7/12/2023).
Kegiatan yang digelar di Grand Basko Hotel Padang tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Wali Kota Padang, Ekos Albar.
Ekos Albar menyampaikan, pelatihan digital marketing yang dilaksanakan ini merupakan implementasi, dari salah satu program unggulan Pemerintah Kota (Pemko) Padang, yaitu meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kota Padang yang inklusif.
“Melalui pelatihan ini kita ingin meningkatkan kemampuan dari para pelaku UMKM Kota Padang dalam hal promosi dan pemasaran produk melalui digitalisasi atau online, yang jumlahnya di Kota Padang ini mencapai 120 ribu pelaku UMKM,” ucap Ekos.
Menurut Ekos, salah satu modal terpenting berbisnis di era digital adalah kejujuran. Para pelaku bisnis harus menyajikan informasi yang benar dan jujur terkait produk yang akan dijual. Kejujuran akan produk yang ditawarkan kepada konsumen, dapat menjaga kepercayaan konsumen terhadap pengusaha.
“Modal utama dalam berbisnis digital ini salah satunya adalah menjaga kejujuran dan integritas. Selain itu, jual produk yang diminati oleh masyarakat. Dengan demikian mudah-mudahan ke depan usaha kita bisa berkembang dan lebih maju lagi,” ucap Wawako Padang itu.
Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Fauzan Ibnovi mengatakan, pelatihan digital marketing ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan pelaku usaha, memberikan pengetahuan dan kemampuan secara teknis kepada para pelaku UMKM, sekaligus menyiapkan pelaku usaha untuk mendapatkan akses pasar dengan jangkauan yang lebih luas.
“Pelatihan ini kita adakan selama tiga hari, 7 sampai 9 Desember 2023, dengan menghadirkan narasumber dari Tim Bayanaka Inovasi Digital dan Dinas Koperasi UKM Kota Padang,” ucapnya.
Pada kesempatan yang sama, salah seorang peserta pelatihan digital marketing, Meri Suriati mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Padang, karena telah mengadakan pelatihan digital marketing ini. Dengan adanya pelatihan ini tentunya dapat menambah wawasan dan kemampuan dalam mempromosikan produk melalui platform digital.
“Saya senang dengan adanya pelatihan ini, karena ini akan dapat membantu usaha bakery saya. Saya berharap ke depan pelatihan seperti ini terus diadakan, karena akan dapat membantu para pelaku UMKM di Kota Padang,” tuturnya. (*)