Lebih lanjut Saki menjelaskan, lonjakan trafik komunikasi layanan data dan digital selama periode Rafi 2022 tersebut didorong dengan tumbuhnya aktivitas digital pelanggan yang meliputi akses layanan communication (instant messaging dan video conference) yang naik mencapai 21 persen, mobile gaming melonjak hingga 17 persen, streaming video sekira 16 persen dan akses media sosial yang meningkat mencapai 3 persen, dibandingkan hari biasa.
Sedangkan untuk akses layanan e-commerce mengalami penurunan sekira 38 persen, diikuti aktivitas browsing yang juga berkurang tujuh persen. Telkomsel juga mencatat adanya peningkatan aktivitas akses pada sejumlah aplikasi/platform favorit, seperti WhatsApp (tumbuh 35 persen), TikTok (meningkat 16 persen), Instagram (naik 15 persen), YouTube (melonjak 13 persen) dan Facebook (naik 1 persen).
Seluruh aktivitas digital pelanggan tersebut turut berkontribusi dalam pertumbuhan trafik penggunaan layanan data selama Rafi 2022 di sejumlah wilayah dibandingkan hari biasa, seperti di wilayah operasional Kabupaten Tasikmalaya (Provinsi Jawa Barat) naik sekira 43 persen, Kabupaten Garut (Provinsi Jawa Barat) tumbuh 34 persen, Kabupaten Cilacap (Provinsi Jawa Tengah) sebesar 50 persen, wilayah Kabupaten Cirebon (Jawa Barat) naik sekira 28 persen, dan wilayah Kabupaten Ciamis (Provinsi Jawa Barat) tumbuh 42 persen.
Seiring dengan kebijakan pemerintah yang memberi kemudahan masyarakat untuk mudik jelang perayaan Hari Raya Idulfitri 2022, Telkomsel juga menemukenali adanya pergerakan pelanggan yang cukup signifikan dari wilayah Jabodetabek ke sejumlah wilayah yang menjadi tujuan mudik di wilayah Pulau Jawa, seperti provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Untuk wilayah Jawa Barat sendiri mengalami peningkatan kedatangan pelanggan sebesar 13 persen, sedangkan untuk Jawa Tengah meningkat sebesar 17 persen, dan Jawa Timur sekitar 6 persen, dibandingkan hari biasa.