Bangun Pasar Rakyat Modern di Sungai Rumbai, Pemerintah Pusat Kucurkan Rp85 Miliar

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.ID – Miliaran rupiah uang akan beredar di Pasar Sungai Rumbai. Pasalnya, pemerintah pusat sudah mengucurkan dana sebesar Rp85 miliar untuk membangun pasar rakyat modern di daerah tersebut.

Hal Itu ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Jumat (2/2/2024), pertanda proyek itu segera dimulai.

Bukan hanya bupati, masyarakat sekitar ikut bangga dengan dimulainya pembangunan pasar tersebut. Kenapa tidak, biasanya masyarakat sekitar berbelanja ke pasar tradisional biasa, tapi tidak lama lagi akan berbelanja di pasar modern.

Dengan kondisi pasar saat ini saja, setiap pekannya jumlah uang beredar cukup besar apabila dilihat dari pasar tradisional biasa, apalagi setelah selesai pembangunan pasar rakyat modern nantinya, maka otomatis akan menarik masyarakat untuk berbelanja.

Bukan hanya masyarakat sekitar, Pasar Sungai Rumbai didukung beberapa perusahaan yang berdiri di wilayah itu, seperti perkebunan PT TKA, Incasi Raya Group, serta perkebunan daerah tetangga Jambi, seperti perkebunan Jamika Raya.

Belum lagi, Bupati Dharmasraya yang juga Ketua APKASI itu sedang bergegas menuntaskan jalan tembus Dharmasraya menuju Solok Selatan atau sebaliknya. Tentu saja, dengan lancarnya akses dari perbatasan Solok Selatan menuju Sungai Rumbai, maka masyarakat Solok Selatan akan ikut berbelanja di Pasar Sungai Rumbai nantinya.

Tinggal lagi, bagaimana Pemerintah Dharmasraya khususnya Dinas Koperindag dan pasar melakukan pembinaan dan penataan terhadap pedagang nanti, begitu pula produk produk yang dibutuhkan masyarakat juga tersedia dengan lengkap.

Selain itu, tentu dengan harga yang cukup bersaing yang disuguhkan untuk konsumen, maka konsumen tidak jera untuk belanja di Pasar Sungai Rumbai.

Pada kesempatan itu, juga dihadiri Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumbar, Forkopimda, instansi vertikal, OPD, camat dan wali nagari, serta tokoh masyarakat lainnya. Pasar rakyat yang berkonsep modern ini berdiri di atas tanah seluas sekitar 5 hektare dengan luas bangunan 12.256 meter persegi. Dalam pembangunan, pasar ini direncanakan terdiri dari dua lantai dengan lokasi yang terletak di persimpangan jalan menuju Kabupaten Solok Selatan.

Saat memberikan sambutan, Sutan Riska menyampaikan ucapan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo. Sebab, pasar rakyat ini merupakan proyek besar yang kesekian kalinya dikucurkan pemerintah pusat untuk masyarakat Kabupaten Dharmasraya.

“Ini merupakan kepercayaan yang luar biasa kepada kita, mudah-mudahan apa yang sudah dibangun dan dipercayakan pemerintah pusat kepada kita dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya demi kesejahteraan masyarakat,” kata Rajo Koto Besar ini.

Sementara itu, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatra Barat yang diwakili staf PPK Ivan P Setiadi mengatakan, proyek pembangunan pasar Kabupaten Dharmasraya di Sungai Rumbai merupakan satu-satunya di Sumatra Barat pada tahun anggaran 2024.

Pembangunan pasar di Sungai Rumbai merupakan salah satu tugas tambahan yang berikan Presiden Joko Widodo kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Selain itu, pembangunan pasar rakyat di Sungai Rumbai diperkirakan akan menelan biaya hampir Rp85 miliar, yang akan dikerjakan oleh PT Adhi Persada Gedung. (*)

Exit mobile version