44 Mahasiswa dari 16 Perguruan Tinggi Magang di Semen Padang

Dirut PT Semen Padang. Indrieffouny Indra usai memberikan ID card secara simbolis kepada dua orang perwakilan peserta program Magang Generasi Bertalenta (MAGENTA). IST

PADANG, HARIANHALUAN.ID — Direktur Utama (Dirut) PT Semen Padang. Indrieffouny Indra membuka secara resmi program Magang Generasi Bertalenta (MAGENTA) PT Semen Padang Batch 2 Tahun 2024 di Wisma Indarung, beberapa waktu lalu. Pembukaan tersebut ditandai dengan pengalungan ID card secara simbolis kepada dua orang perwakilan peserta.

Kegiatan diikuti 44 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan fresh graduate dari berbagai universitas di Indonesia digagas oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI). Indrieffouny Indra dalam kesempatan itu menyampaikan, program MAGENTA merupakan program resmi dari Kementrian BUMN yang memberikan kesempatan berharga bagi mahasiswa dan fresh graduate untuk terus belajar, bertumbuh, dan berkontribusi untuk Indonesia.

“Program MAGENTA di PT Semen Padang ini adalah hasil kesepakatan Direktur SDM di Kementerian BUMN dalam rangka pengembangan generasi muda. Kementerian BUMN menyiapkan para mahasiswa yang telah selesai menjalani pendidikannya masuk ke dunia industri, untuk mendapatkan pengalaman dalam bekerja, dapat memahami bagaimana sebuah industri itu bisa dijalankan,” katanya.

Pria yang akrab disapa Arief tersebut berharap para peserta MAGENTA untuk dapat memanfaatkan program ini dengan sebaik-baiknya. “Saya harapkan, selama menjalani program ini bisa melakukan pekerjaan dengan sebaik-baiknya. Selamat menjalani kegiatan magang ini, manfaatkan waktu, galilah pengalaman sebanyak-banyaknya, enam bulan waktunya hanya sebentar. Saya titipkan juga untuk menjaga kerahasiaan perusahaan ini dan selalu patuhi K3 dalam bekerja,” ujarnya.

Arief melanjutkan, PT Semen Padang terbuka berbagi pengalaman di dunia industri, karena perusahaan menyadari harus dekat dengan perguruan tinggi. “Kami telah memiliki MoU dengan beberapa perguruan tinggi, dan mungkin nanti akan diperlebar ke perguruan tinggi lainnya,” ujar Arif.

Ia  berpesan kepada peserta MAGENTA di mana pun berkiprah, bekerja ataupun berkegiatan agar tetap menggunakan produk PT Semen Padang. “Tetap gunakan produk PT Semen Padang, sebuah perusahaan kebanggaan dari Sumbar. Kami adalah perusahaan semen pertama di Asia Tenggara dan tahun ini berusia 114 tahun,” katannya.

Kepala Departemen SDM PT Semen Padang, R Trisandi Hendrawan menjelaskan, pihaknya terlebih dahulu melakukan koordinasi dengan unit kerja terkait kebutuhan peserta dan Program ini dilaksanakan selama enam bulan, dari 1 Februari sampai dengan akhir Juli 2024.

“Dapat kami sampaikan dari 1.653 peserta yang mendaftar di program MAGENTA PT Semen Padang, yang diterima adalah 44 orang. Selamat datang dan selamat bergabung di PT Semen Padang. Program ini merupakan tantangan bagi peserta, bahwa di magang ini yang dibutuhkan tidak hanya IPK, tetapi kesempatan disini mengaplikasikan teori yang dipelajari di kampus selama ini, kemampuan berkomunikasi dan attitude,” ujarnya.

Adapun 44 peserta program MAGENTA ini berasal dar 16 perguruan tinggi baik dari dalam dan luar negeri, yakni, dari Universitas Andalas 23 peserta, UPI YPTK Padang 3 peserta, ITP 2 peserta, UNP 1 peserta, Universitas Metamedia 1 peserta, Poltekkes Padang 1 peserta, Universitas Sriwijaya 1 peserta Universitas Syiah Kuala Aceh 3 peserta, ITB 1 peserta, UGM 1 peserta, Undip 1 peserta, Universitas Brawijaya 1 peserta, Institut Teknologi Sumatera 1 peserta, Khun Shan University Taiwan 1 peserta, Universitas Jambi 1 peserta, dan Universitas Sebelas Maret 1 peserta. (h/dan)

Exit mobile version