Gelaran Solution Day 2024 menghadirkan rangkaian acara yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman akan solusi digital terkini melalui kegiatan Industry Insight, Solution Updates, Booth Solution Experience, B2B Product Launches, dan Networking. Terdapat lebih dari 40 showcase solusi digital unggulan yang dihadirkan bagi segmen korporasi pada Solution Day 2024, di mana solusi-solusi tersebut terbagi ke dalam 12 kategori vertikal dan horizontal. Lima showcase vertikal bisnis yang dijadikan fokus pada gelaran Solution Day 2024, antara lain pertambangan, manufaktur, layanan keuangan, transportasi & Logistic, dan agrikultur. Untuk tujuh showcase kategori horizontal bisnis, Telkomsel dan Telkom menghadirkan beberapa solusi digital, yakni connectivity, IoT, advance connectivity, customer engagement, emerging solution, innovation dan data center, cloud and security solution.
Kemudian setelah terjalinnya kolaborasi bersama google beberapa waktu lalu dalam pemanfaatan layanan Rich Communication Services (RCS), kini Telkomsel Enterprise mempersembahkan sebuah platform komunikasi canggih sebagai the Next Generation of Messaging Services, yang memungkinkan pelanggan untuk meningkatkan layanan Short Messaging Service (SMS) dengan tingkat interaktivitas yang lebih tinggi, berbagi konten multimedia berkualitas tinggi, berpartisipasi dalam obrolan grup yang lebih dinamis, serta mencakup dukungan penuh untuk tanda terima telah dibaca dan indikator pengetikan.
Pelanggan segmen korporasi juga dapat menggunakan fitur komunikasi canggih yang disediakan dalam RCS untuk menyampaikanRCS Business Messaging (RBM) kepada konsumen melalui pesan yang lebih kaya dan interaktif sesuai kebutuhan bisnis. Selain itu, konsep one-stop-solution yang tersedia di dalam fitur komunikasi canggih RCS akan membantu pelanggan segmen korporasi dalam meningkatkan pertumbuhan bisnis dengan kebebasan penuh untuk menyampaikan pesan bisnis yang lebih kaya dan interaktif kepada target audiens.
Tak hanya itu, Telkomsel juga memperkenalkan dua solusi baru, yakni Ted dan Digihub. Ted merupakan solusi virtual account manager B2B Telkom Group dengan memanfaatkan teknologi Generative AI, guna meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan. Kemudian Digihub, sebuah platfrom yang menyediakan akses pada API (Application Programming Interface) telekomunikasi yang sudah ditawarkan Telkomsel, seperti API Insight (API Location Verification), API layanan telekomunikasi (API SMS), API Dynamic Profile (API SIM Swap), dan API Autentikasi (API Mobile Network Verification).
Solusi Digihub ini dapat memfasilitasi pelaku bisnis, korporasi maupun developer dalam mengintegrasikan berbagai layanan dan fungsi bisnisnya melalui API Telkomsel yang mudah diakses dan efisien, sehingga dapat membuka berbagai peluang pengembangan dan pertumbuhan solusi inovasi layanan digital.
Solusi Digihub ini juga memperkuat posisi Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan penyedia API telekomunikasi berbasis standar CAMARA di Indonesia. Salah satu API yang saat ini tersedia di Digihub berbasis standar CAMARA dan dapat diakses secara komersial adalah API SIM Swap yang penggunaannya dapat mendukung pelaku industri digital dalam menjaga keamanan layanan digital. Informasi lebih lanjut terkait layanan Digihub bisa diakses melalui https://tsel.id/digihub.
Pelanggan bisnis dari segmen korporasi, industri dan sektor UMKM dapat mengakses informasi mengenai ragam solusi digital terbaik dari Telkomsel Enterprise dan Telkom melalui laman tsel.id/enterprise dan https://www.telkom.co.id/sites/enterprise/id_ID. (*)