Harga Cabai Rp75 Ribu di Lubuk Alung, Ini Harga Kebutuhan Pokok Lainnya!

PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.ID -Harga kebutuhan pokok menjelang puasa dan Lebaran cendrung naik, bagitupun di Pasar Lubuk Alung, Padang Pariaman harga Cabai Merah mencapai Rp75 ribu per kilogram.

Salah seorang pedagang Pasar Lubuk Alung, Roni mengatakan Kenaikan terjadi pada cabai merah kriting naik dari Rp70 ribu menjadi Rp75 ribu perkilogram, sedangkan harga cabai rawit hijau perkilogramnya yakni Rp70 ribu.

Sementara itu, kenaikan terjadi pada bawang merah dari Rp30 ribu menjadi Rp32 ribu perkilogram dan bawang putih mencapai harga Rp36 ribu per kilogram.

“Harga kebutuhan pokok ini naik sudah sejak dua minggu yang lalu, mungkin akan terus naik sampai puasa dan lebaran,” ujar Roni Saputra Pedagang Los Sayur Pasar Lubuk Alung kepada haluan, Minggu (3/3/2024).

Kebutuhan pokok lainnya terpantau juga naik seperti kentang mencapai Rp14 ribu perkilogram dari sebelumnya Rp12 ribu dan telur ayam broiler Rp26.600 perkilogram.

“Sekarang ini harga beras dengan kwalitas bagus mencapai Rp17.500. Untuk premium sokan Rp16.000 per kg,” ucap penjual Pasar Lubuk Alung.

Seorang pembeli, Ema mengungkapkan, kenaikan harga Beras dan komuditas cabai saat ini sangat memprihatinkan. Terutama bagi ibu-ibu rumah tangga.

“Harga cabai naik, harga beras dan yang lainnya juga naik. Saya ini cuma berharap, harga kebutuhan pokok stabil, turun, apalagi menjelang bulan puasa seperti saat ini,” terang Ema.

Masyarakat berharap kenaikan sejumlah kebutuhan pokok ini tidak berlarut-larut. Terlebih sebulan lagi sudah memasuki bulan Ramadhan 1445 Hijriah.

Kepala Dinas Perdagangan, Tenaga Kerja, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disdagnakerkop UKM) Padang Pariaman Jon Kenedy mengatakan Pemerintah selalu memantau harga kebutuhan pokok di Pasar setiap hari.

“Hal itu dilakukan sebagai bahan pertimbangan bagi pemkab dalam mengambil kebijakan yang akan menguntungkan masyarakat,” ujar Jon Kenedy kepada Harianhaluan.id. (*)

Exit mobile version