Antisipasi Lonjakan Harga Jelang Idul Adha, Pemko Padang Segera Lancarkan Operasi Pasar

PADANG, HARIANHALUAN.ID- Pemerintah Kota Padang berkolaborasi dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Padang, akan menggelar operasi pasar guna mengantisipasi terjadinya lonjakan harga kebutuhan pokok jelang hari raya Idul Adha 1445 Hijriah mendatang.

Kepala Bidang Pengendalian Bahan Pokok dan Penting (Bapokting) Dinas Perdagangan Kota Padang, Edrian Edward mengatakan, operasi pasar akan diselenggarakan secara serentak selama empat hari di empat Kecamatan yang ada di Kota Padang.

“Insyallah,operasi pasar akan kita laksanakan di Kecamatan Pauh, Koto Tangah, Kuranji dan Nanggalo pada tanggal 4 sampai 7 Juni mendatang,” ujarnya kepada Haluan Rabu (29/5).

Edrian Edward menyampaikan, dalam operasi pasar kali ini, komoditas yang akan dijual diantaranya adalah beras, telur, minyak goreng, cabai, hingga gula. Semua komoditas ini akan dijual dengan harga dibawah pasaran.

“Semoga dengan adanya operasi pasar ini, masyarakat bisa terbantu. Sebab biasanya jelang hari raya idul Adha harga-harga kebutuhan pokok akan mengalami kenaikan harga dibanding hari-hari biasa,” jelasnya.

Menariknya , selain menyediakan aneka kebutuhan pokok dengan harga terjangkau, operasi pasar murah kali ini juga akan melibatkan Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Padang serta mahasiswa STIKES Mercubaktijaya.

Mereka akan ikut ambil bagian menyelenggarakan bakti sosial berupa layanan pemeriksaan kesehatan gratis, serta Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bagi balita dan ibu hamil.

“Begitupun dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Padang. Mereka juga akan menyediakan Booth sosialisasi serta layanan pembuatan Identitas Kependudukan Digital (IKD),” terang Edrian.

Sementara untuk meningkatkan animo masyarakat untuk menghadiri kegiatan operasi pasar murah ini, Dinas Perdagangan Kota Padang juga menyiapkan sekitar 1,200 lembar voucher belanja gratis.

“Voucher belanja ini berasal CSR dari PT Semen Padang, Bank BNI, BRI, Mandiri dan sebagainya. Kita berharap kegiatan ini bisa meringankan beban masyarakat Kota Padang dalam menghadapi hari raya Idul Adha nanti,” pungkasnya. (*)

Exit mobile version