Penjualan Sapi Simmental untuk Kurban Lesu

Teks Foto : Fauzan Dt. Palindih bersama sapi Simental berbobot 1,1 ton yang telah laku terjual senilai Rp75 juta, Kamis (6/6). YURSIL.

AGAM, HARIANHALUAN.ID – Salah seorang peternak sapi di Nagari Gadut Kec. Tilatang Kamang mengeluhkan lesunya penjualan sapi kurban berjenis Simmental pada hari raya Idul Adha tahun ini. Pada Idul Adha hanya tinggal sepuluh hari lagi.

“Hari raya Idul Adha semakin dekat, sapi kurban yang berhasil dijual baru 15 ekor. Sedangkan, stok sapi Simmental di kandang saya ini 30 ekor,” kata Ketua Kelompok Peternak Sapi Harimau Agam, Fauzan Dt. Palindih kepada Haluan, Kamis (6/6).

Menurut Dt. Palindih penjualan sapi tahun ini jauh berkurang jika dibandingkan dengan tahun lalu. Idul Adha tahun lalu, ia mampu menjual sapi Simmental untuk kurban sebanyak 48 ekor dengan omset sekitar Rp2 miliar. Tahun ini, stok sapi kurban Dt. Palindih 30 ekor, telah terjual 15 ekor. Tersisa 15 ekor lagi. Namun ia tidak yakin mampu menjual 15 ekor itu.

“Salah satu penyebab berkurangnya minat pembeli sapi kurban Simmental adalah Sumbar sering dilanda bencana dan lemahnya ekonomi masyarakat. Contohnya, jalan raya Padang – Bukittinggi putus sejak beberapa waktu lalu. Sedangkan pembeli sapi saya ini berasal dari Padang,” ujarnya.

Sapi Simmental yang dijual Dt. Palindih berbobot antara 800 kg hingga 1,1 ton dengan harga jual berkisar antara Rp40 juta hingga Rp75 juta. Tahun ini, sapi jumbo berbobot 1,1 ton telah lalu terjual senilai Rp75 juta.

“Tahun ini, sapi kita tidak terpilih sebagai sapi kurban presiden. Tapi pada tahun tahun sebelumnya sapi kita sering menjadi sapi kurban presiden Joko Widodo,” sebut Dt. Palindih.

Peternakan sapi milik Dt. Palindih tidak hanya menjual sapi kurban simmental saja. Namun tersedia juga sapi perah dan pembibitan (breeding) anak sapi simmental.

Saat ini, Dt. Palindih bersama dengan 5 orang anggotanya, memelihara sapi Simmental sebanyak 125 ekor ditambah 50 ekor anak sapi dan beberapa ekor sapi perah yang telah memproduksi susu.

Bagi masyarakat yang ingin membeli sapi Simmental dapat datang langsung ke Kelompok  Peternakan Sapi Harimau Agam di Jorong PSB Nagari Gadut Kec. Tilatang Kamang Kab. Agam atau dapat menghubungi 081374710832.(*)

Exit mobile version