Juni 2024 Terkendali, Inflasi Kota Padang Panjang 3,92 Persen

PADANG PANJANG, HARIANHALUAN.ID- Inflasi di Kota Padang Panjang pada Juni 2024 berada diangka 3,92 persen year of year (yoy) dan Inflasi bulanan, 0,22 persen (mtm).

Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Tomsi Tohir Balaaw mengungkapkan, banyak daerah berhasil kendalikan inflasi dalam dua tahun terakhir.

Hal ini disampaikannya dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah, Senin (8/7/2024). Pihaknya meminta agar kepala daerah lebih fokus dengan harga beras, karena menurutnya setiap menjelang akhir tahun, harga beras mengalami kenaikan.

“Namun ada beberapa daerah yang masih menemui kendala, perlu pembenahan dalam distribusi pupuk dan cek perkembangan harga di lapangan. Dinas terkait di daerah harus melakukan terobosan kreatif dan legal untuk atasi kendala tersebut,” tutur Tomsi.

Pemda diminta segera mengirim data cetak sawah. Saat ini ada 48 kabupaten/kota telah mengusulkan, cetak sawah diharapkan mampu mensejahterakan petani dan tingkatkan produktivitas lahan.

Sementara itu, Kabag Perekonomian dan SDA Setdako, Putra Dewangga, menjelaskan, untuk harga komoditas pada minggu pertama Juli 2024 ini, 48 komoditas relatif stabil, 11 komoditas mengalami fluktuasi.

“Empat komoditas naik, di antaranya telur ayam kampung, cabai merah, terong, ikan kembung. Tujuh komoditas turun yaitu beras kualitas I dan II, daging ayam broiler, telur itik, cabai rawit, bawang merah, bawang daun,” jelasnya. (*)

Exit mobile version