Pemko Padang Panjang Berhasil Kendalikan Inflasi, Mendagri Tito Serahkan DIF RP 5,4 Miliar

Pemko Padang Panjang Berhasil Kendalikan Inflasi, Mendagri Tito Serahkan DIF RP 5,4 Miliar.

Pemko Padang Panjang Dinilai Berhasil Kendalikan Inflasi, Mendagri Tito Serahkan DIF RP 5,4 Miliar

PADANG PANJANG, HARIANHALUAN.ID— Pemko Padang Panjang dinilai berhasil mengendalikan inflasi, oleh Pemerintah Pusat Di Sumatera Barat.

Atas keberhasilan itu, Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian Dana Insentif Fiskal (DIF) kepada Penjabat (Pj) Wali Kota, Sonny Budaya Putra AP, M.Si. di Gedung Sasana Bhakti Kemendagri dalam Rapat Rutin Pengendalian Inflasi, Senin (5/8/2024).

Penyerahan DIF senilai Rp5,4 miliar itu sebagai Penghargaan Kinerja Tahun Berjalan kategori Pengendalian Inflasi Daerah Periode Pertama 2024 bersama 50 provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia.

”Alhamdulillah, hari ini kita menerima reward dari pemerintah pusat dalam pengendalian inflasi. DIF ini bisa kita manfaatkan untuk program dan kegiatan terkait pengendalian inflasi,” kata Sonny Budaya Putra.

Dikatakannya program dan kegiatan terkait pengendalian inflasi seperti perbaikan irigasi, perbaikan sarana dan prasarana perdagangan, operasi pasar, bantuan bibit dan lainnya.

Disebutkan lagi, Pemko Padang Panjang dinilai berhasil konsisten melaksanakan enam aksi konkret pengendalian inflasi daerah yang diinstruksikan Mendagri.

Diantaranya melaksanakan operasi pasar murah, melaksanakan sidak ke pasar distributor agar tidak menahan barang, kerja sama dengan daerah penghasil komoditi untuk kelancaran pasokan, gerakanmenanam, merealisasikan BTT dan dukungan transportasi dari APBD.

Selain Padang Panjang, DIF juga diterima Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Tanah Datar dan Kota Payakumbuh. (*)

Exit mobile version