Mitra Bukalapak Ajarkan Agen Pulsa Ekspansi Penawaran Produk Digital

Eko Julianto, Mitra asal Padang, pemilik agen pulsa Aqila Cell yang dikenal sebagai sentra voucher games wilayah setempat. IST

Eko Julianto, Mitra asal Padang, pemilik agen pulsa Aqila Cell yang dikenal sebagai sentra voucher games wilayah setempat. IST

JAKARTA, HARIANHALUAN.ID – Dalam upaya berkelanjutan untuk memberdayakan usaha mikro di Indonesia, Mitra Bukalapak, platform online-to-offline (O2O) bagian dari ekosistem Bukalapak, kembali meluncurkan program pendampingan secara daring untuk ratusan agen pulsa dan pemilik warung dari seluruh penjuru tanah air.

Kegiatan bertajuk “Mitra Mentorship Program Batch 6” ini difokuskan pada strategi komunikasi dan program loyalitas untuk meningkatkan penjualan voucher games serta layanan payment point online bank (PPOB).

Di tengah maraknya tren gaming di Indonesia, berbagai warung dan agen pulsa yang tersebar di seluruh Indonesia kini mulai melebarkan fungsinya sebagai sentra voucher games. Namun, tingginya permintaan ini seringkali dihadapkan dengan kurangnya pemahaman penjual mengenai produk dan potensi pasar.

Program mentorship kali ini mengajak Mitra, yang merupakan agen pulsa dan pemilik warung, untuk mengidentifikasi profil pelanggan yang tepat sehingga dapat mempromosikan produk dengan cara yang lebih efektif.

Di sisi lain, sentra PPOB juga menjadi potensi usaha yang menjanjikan karena setiap rumah tangga pasti membutuhkan perantara untuk membayar tagihan listrik, air, internet, asuransi kesehatan, hingga kredit kendaraan bermotor.

Dengan pendekatan “Dari Mitra untuk Mitra”, program kali ini menggandeng Eko Julianto sebagai mentor, pada Kamis (22/8/2024) lalu. Uda Eko, sapaan akrab Mitra asal Padang in telah sukses mengoptimalkan pertumbuhan bisnis melalui penjualan voucher games dan PPOB berkat berbagai program loyalitas yang diterapkan di kios pulsanya.

Eko mulai bergabung dengan Mitra Bukalapak pada tahun 2017, dengan menjadikan aplikasi ini sebagai penyedia pulsa dan jasa pengiriman uang dengan harga terjangkau di wilayahnya.

Setahun kemudian, ia merambah penjualan voucher games, yang ternyata diminati anak-anak dan remaja.Tampil beda dari kios pulsa lain, Eko memperkuat branding usahanya sebagai penyedia voucher games ternama se-Kecamatan Kuranji, Padang.

Bagi Eko, membangun loyalitas pelanggan merupakan faktor terpenting dalam membesarkan usahanya, yang membawa pendapatannya terus melesat naik.

“Dalam membangun komunikasi yang baik dengan pelanggan, saya juga menghadirkan beberapa program khusus, salah satunya sistem referral, di mana setiap pelanggan yang datang membawa teman untuk membeli voucher games akan mendapatkan hadiah. Selain itu, saya juga menawarkan bundling produk fisik, seperti beli voucher games dapat kabel data,” ujar Eko, yang berkat penjualan yang meningkat pesat, Eko kini telah mengelola tiga cabang kios pulsa.

Pengalaman dan keberhasilan dalam mengembangkan bisnis ini selanjutnya dibagikan Eko dalam Mitra Mentorship Program Batch 6.

Sepanjang program yang berlangsung selama 10 hari secara online ini, Eko tidak hanya membagikan berbagai edukasi terkait cara meningkatkan daya pikat produk agar semakin diminati pelanggan. Tetapi juga kisah sukses dan tips praktis dalam menyusun strategi promosi voucher games untuk kalangan remaja dan anak-anak, serta layanan pembayaran tagihan yang menyasar kelompok ibu-ibu.

Eko berharap bahwa seluruh pemilik warung dan agen pulsa ini dapat mengoptimalkan potensi bisnis mereka lewat strategi komunikasi pelanggan dan program loyalitas yang telah sukses dijalaninya.

“Mitra Mentorship Program mengajak para pemilik agen pulsa dan usaha mikro lainnya untuk mengembangkan usaha dengan berbagai jenis produk, termasuk yang kerap dianggap sulit dan rumit seperti voucher games. Program ini menggunakan pemaparan yang praktis terkait segmentasi pelanggan dan strategi penjualan yang berfokus pada studi kasus nyata agar Mitra semakin semangat dan mudah memahami materi yang disampaikan,” kata Gitaditya Witono, AVP Mitra Marketing & Partnership Mitra Bukalapak.

Antusiasme peserta yang tinggi tampak dari interaksi aktif dan diskusi yang berlangsung selama sesi. Selain pemaparan materi, peserta program juga didorong untuk mengimplementasikan pengetahuan baru mereka dalam misi berhadiah seperti membuat strategi promosi voucher games selama momen Agustusan, serta membuat media promosi kreatif untuk pembayaran tagihan dan layanan keuangan.

Regina Deasy, Mitra asal Sumatera Selatan, terpilih menjadi Mitra Terbaik berkat keberhasilannya dalam menerapkan strategi yang diajarkan, sehingga berhasil meningkatkan penjualan dan mendapatkan loyalitas pelanggan secara signifikan.

“Misi promosi kreatif saya tuangkan dalam bentuk video, mengingat di zaman yang serba visual, pelanggan jauh lebih tertarik dengan media seperti ini. Selama mentorship berlangsung, kami belajar untuk mengenali karakteristik pelanggan hingga dapat menentukan strategi yang tepat. Program ini sangat membantu untuk menaikkan keuntungan dari penjualan voucher game, bayar tagihan, dan layanan keuangan,” ujar Regina.

Selama 6 tahun bergabung dengan Mitra Bukalapak, Regina berhasil mengembangkan usahanya untuk meraih peningkatan pendapatan hingga 3x lipat. (*)

Exit mobile version