Pj Wako Pariaman Roberia Temukan Pondok Padussi, Kedai Makan Murah Bergizi Ramah Anak

Pondok Padussi

PARIAMAN, HARIANHALUAN.ID – Penjabat (Pj) Wali Kota Pariaman, Roberia menyambangi kedai makan murah bergizi, Pondok Padussi, yang terletak di Pasar Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman, Sabtu (21/9/2024).

Kedai makan tersebut tak sengaja ia temukan saat mencari tempat sarapan dalam sebuah perjalanan tugas. “Ada tiga anak yang sangat riang bercengkrama di kedai itu. Mereka rupanya sudah berlangganan makan di sana, karena harga menunya sangat ramah di kantong,” kata Roberia.

Ketiga anak tersebut bernama Baim, Habib dan Aska yang bersekolah di Sekolah Dasar (SD) 02 Ulakan Tapakis, yang lokasinya tidak jauh dari kedai makan tersebut.

Pemilik Pondok Padussi, Darmansyah alias Ajo Aang mengatakan, kedainya memang selalu diramaikan oleh kehadiran anak-anak. Menu andalannya adalah nasi goreng dengan harga yang ramah di kantong pelajar dengan kisaran Rp4 ribu sampai Rp6 ribu saja per porsi.

“Setelah bertanya pada Ajo Aang, harga menu yang disediakan ternyata sangat murah meriah. Satu porsi nasi goreng komplit dengan telurnya saja hanya dipatok Rp6 ribu,” ujar Roberia.

Sifat murah hati Ajo Aang, si pemilik kedai, berhasil membuat Roberia terenyuh. Keduanya mulai bercerita tentang konsep Pondok Padussi yang menyediakan makanan murah bergizi bermula.

“Rupanya ide berjualan ini didasarkan pada aspek fiskal jajan anak-anak yang hanya Rp5 ribu. Berangkat dari keluhan orang tua yang khawatir anaknya hanya bisa jajan makanan ringan, Ajo Aang pun berinisiatif menghadirkan jajanan mengenyangkan, tapi ramah di kantong,” ujar Roberia.

Berdasarkan cerita Ajo Aang, usaha jualan nasi goreng murah bergizi ini sudah berjalan sejak 25 tahun. Selama itu, ia melakukan praktik swadaya masyarakat dengan memberi makan bergizi yang murah harganya.

Adapun menunya, seperti ayam geprek krispi dihargai Rp6 ribu per porsi, nasi goreng telur ceplok Rp5 ribu per porsi dan nasi goreng telur dadar separuh Rp4 ribu per porsi. (*)

Exit mobile version