JAKARTA, HARIANHALUAN.ID — Untuk memenuhi kebutuhan pasar terkait penggunaan teknologi Artificial Intelligence (AI), PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) telah mentransformasi BigBox menjadi platform penyedia solusi AI yang komprehensif. Solusi yang ditawarkan BigBox membantu perusahaan maupun instansi mengadopsi AI dan data analitik dengan mudah. AI dari BigBox dapat menunjang proses kerja yang lebih cerdas dan sederhana sehingga dapat meningkatkan produktivitas perusahaan maupun instansi.
“Penyediaan solusi AI melalui platform BigBox menjadi bukti komitmen kami untuk selalu beradaptasi dengan perkembangan teknologi demi memberikan layanan terbaik kepada pengguna. Lebih lanjut, BigBox dapat membantu perusahaan dan instansi dalam memenuhi kebutuhan optimalisasi teknologi yang memberikan banyak manfaat dan kemudahan,” ujar EVP Digital Business and Technology Telkom Komang Budi Aryasa.
BigBox menawarkan enam solusi AI komprehensif yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi operasional penggunanya. Salah satunya adalah solusi Natural Language Processing (NLP) yang mampu menganalisis data dan teks dalam bahasa manusia melalui teknologi machine learning. Dengan NLP, pelaku usaha maupun instansi dapat lebih memahami kebutuhan pelanggan dan meningkatkan kualitas layanan yang diberikan.
Selain itu, ada juga solusi AI Predictive Analytics yang bisa digunakan untuk memperkirakan bermacam peluang bisnis dengan memanfaatkan pemodelan dan statistik dari data historis. Pemanfaatan solusi ini mampu membantu pengguna dalam merencanakan strategi bisnis yang lebih tepat, seperti peningkatan produktivitas perusahaan dan mengefisiensikan sumber daya. Kemudian solusi lainnya adalah AI Data Analytics and Management, yang dapat mendukung pengguna dalam mengelola dan menjaga kualitas data untuk memastikan bahwa keputusan bisnis didasarkan pada informasi yang akurat dan berkualitas.
Lebih lanjut, BigBox juga menghadirkan solusi Generative AI yang dapat mengubah teks menjadi berbagai jenis konten percakapan hingga visualisasi data. Solusi berikutnya teknologi AI-Powered Automation yang dapat menyederhanakan proses kompleks dengan otomatisasi berbasis teknologi AI, sehingga meningkatkan efisiensi operasional dan mengurangi beban kerja manual.
Solusi lainnya adalah Computer Vision yang dapat menganalisis data visual dengan mengidentifikasi objek menggunakan kamera, untuk meningkatkan keamanan hingga mengoptimalkan pelayanan publik. Solusi ini telah dirasakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun yang semakin terbantu dalam mengelola lalu lintas di beberapa lokasi penting, sehingga efisiensi kerja Pemkot Madiun meningkat dan pelayanan publik pun lebih optimal.
Layanan Object Detection BigVision berbasis solusi AI yang dihadirkan BigBox mampu melakukan vehicle counting, crowd detection, dan people counting, yang dapat memantau kondisi di lapangan secara real time. Semua informasi yang didapat dapat dilihat Pemkot Madiun melalui web dashboard, yang telah diterjemahkan ke dalam data akurat dan mudah dipahami terkait kondisi lalu lintas.
Berbagai solusi AI yang dihadirkan BigBox membawa semangat untuk membantu perusahaan maupun instansi di Indonesia dalam meningkatkan efisiensi, inovasi, yang berorientasi kepada pelanggan. (*)