JAKARTA, HARIANHALUAN.ID — Teknologi Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) telah menjadi salah satu bidang yang paling cepat berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Di Indonesia, perkembangan AI menunjukkan gejala yang sama dengan tren global, di mana banyak perusahaan mulai mengeksplorasi dan mengintegrasikan AI untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Infomedia sebagai anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan penyedia layanan Digital Business Process Outsourcing (BPO) berbasis teknologi AI di Indonesia, berkomitmen untuk menghadirkan solusi yang inovatif melalui penerapan AI Automation dan Analytics (3A) baik dibagian front-end maupun back-end perusahaan. Dengan memanfaatkan teknologi AI, Infomedia mampu menawarkan layanan yang lebih efisien kepada kliennya.
Direktur Utama Infomedia Eddy Sofryano menyampaikan, “Pentingnya perusahaan menerapkan teknologi AI ini merupakan salah satu cara untuk tetap agile terhadap perubahan dan dinamika bisnis yang terjadi begitu cepat. Saya yakin penerapan teknologi AI dalam setiap unit/fungsi perusahaan dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas bisnis jauh lebih tinggi.”
Salah satu aspek penting dari layanan yang ditawarkan oleh Infomedia adalah otomatisasi proses bisnis. Melalui AI Automation, banyak proses yang dulunya dilakukan secara manual kini dapat diotomatisasi. Misalnya, Contact Center dan Omnichannel AI (OmniX AI) yang diterapkan dalam layanan pelanggan dapat mengelola chatbot berbasis AI, menangani pertanyaan yang sering diajukan secara otomatis, memberikan rekomendasi tindakan kepada agen berdasarkan pola interaksi yang telah dianalisis dari data sebelumnya, sehingga mengurangi beban kerja agen layanan pelanggan, dan memberikan respon yang lebih cepat kepada pelanggan. Hal ini tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional, tetapi juga menciptakan customer experience yang lebih optimal.
Selain itu, Infomedia juga memanfaatkan AI dalam analisis data. Dengan menggunakan algoritma machine learning, Infomedia dapat membantu perusahaan dalam menganalisis data pelanggan dan memberikan solusi berbasis data yang lebih efektif. Misalnya, analisis sentimen yang diterapkan pada umpan balik pelanggan dapat memberi wawasan berharga tentang kepuasan pelanggan dan area yang perlu ditingkatkan. Dengan demikian, perusahaan tidak hanya bisa memahami kebutuhan pelanggan, tetapi juga merespons dengan lebih tepat dan cepat.
Pada operasional back-end process, Infomedia menerapkan teknologi ini dalam proses human resource untuk memenuhi journey pekerja from hire to retire. Secara langsung manfaat dari penerapan teknologi AI ini telah tercermin dalam beragam implementasi rekrutmen berskala besar di Indonesia. Bahkan tidak hanya itu, transformasi digital melalui pemrosesan dokumen secara digital juga telah diterapkan dalam layanan Doc.AI untuk pengambilan data, klasifikasi, verifikasi, serta mendapatkan wawasan mendalam dari informasi yang ada.
Melihat perkembangan yang ada, masa depan teknologi AI di Indonesia tampaknya sangat menjanjikan. “Implementasi Contact Center AI di salah satu pusat layananan pelanggan yang dikelola Infomedia telah berhasil meningkatkan efisiensi hingga 30%. Kita dapat berharap bahwa penerapan teknologi ini akan semakin luas dan mendalam. Infomedia bukan hanya memperkenalkan teknologi, tetapi juga membangun kolaborasi yang mendukung inovasi dan pertumbuhan di sektor digital,” sambung Eddy.