Telkom Siapkan Talenta Digital melalui Program Google Career Certificate

Telkom bersama Google Indonesia dalam menyelenggarakan program Google Career Certificate (GCC) Batch 1 2024 dalam menghasilkan talenta digital. IST

JAKARTA, HARIANHALUAN.ID — PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) bersama Google Indonesia sukses menyelenggarakan program Google Career Certificate (GCC) Batch 1 2024 yang berlangsung selama empat bulan. Terdapat 2307 talenta digital yang berhasil lulus atau sekitar 63,26% dari keseluruhan peserta. Google Career Certificate merupakan salah satu program kerja sama antara Telkom dan Google dari salah satu pilar Strategic Partnership Plan, yaitu Pilar IV – Upskill Employee’s Digital Capabilities and Accelerate Development of Indonesia’s Digital Talents. Program ini merupakan bagian dari upaya keduanya untuk memberdayakan talenta-talenta digital dalam menghadapi era transformasi digital yang terus berkembang pesat.

Sejak tahun 2023, program Google Career Certificate bersama Telkom awalnya hanya menyediakan 5 spesialisasi, namun di tahun 2024 menjadi 9 spesialisasi yang berkembang sesuai kebutuhan, yaitu Data Analytics, Project Management, IT Support, UX Design, Advanced Data Analytics, Business Intelligence, Cybersecurity, Digital Marketing & E-Commerce, dan IT Automation.

Acara Closing Celebration GCC Batch 1 2024 diadakan secara daring pada 4 Oktober 2024 lalu. Acara ini tidak hanya menjadi momen penting bagi para peserta, tetapi juga mencerminkan komitmen kuat Telkom dalam memajukan talenta digital nasional. Turut hadir Direktur Digital Business Telkom Muhamad Fajrin Rasyid, PGS Vice President Global Strategic Partnership Chandra Kusuma W., serta Director of Government Affairs & Public Policy Google Indonesia Putri Alam.

“Merupakan kebanggaan bagi Google Indonesia dapat menjadi bagian perjalanan transformasi digital Telkom, dan sejak awal kemitraan kami pada akhir 2022, kami berkomitmen penuh untuk meningkatkan kapabilitas digital SDM di Telkom yang juga merupakan dukungan nyata terhadap akselerasi pengembangan talenta digital di Indonesia,” ucap Putri Alam dalam sambutannya.

Dalam sambutannya, SGM Telkom Corporate University M. Subhan Iswahyudi menegaskan pentingnya kesempatan ini bagi talenta Telkom. Program Google Career Certificate tidak hanya bertujuan untuk menambah keterampilan teknis, tetapi juga diharapkan dapat membawa dampak langsung pada bisnis dan pengembangan karir peserta. Subhan menyampaikan harapannya agar para peserta bisa memanfaatkan ilmu yang didapatkan untuk memberikan kontribusi lebih besar dalam ekosistem digital di Telkom dan industri secara luas.

Acara Closing Celebration ini menjadi puncak rangkaian kegiatan GCC Batch 1, yang meliputi sesi pembelajaran intensif dengan beragam tantangan yang dirancang untuk mendorong pengembangan diri peserta. Salah satu momen yang sangat dinantikan adalah pemberian penghargaan kepada para peserta yang memenangkan Video Growth Journey Challenge. Tantangan ini mendorong peserta untuk berbagi perjalanan pembelajaran mereka selama program berlangsung, menginspirasi peserta lain untuk terus berkomitmen pada pelatihan pengembangan diri. Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada 45 Top Learners yang menunjukkan performa luar biasa selama program berlangsung.

Dengan terselenggaranya program Google Career Certificate Batch 1 2024 ini, Telkom berharap agar para talenta yang telah berpartisipasi dapat membawa dampak positif, tidak hanya untuk diri mereka sendiri, tetapi juga bagi perusahaan dan ekosistem digital nasional. Telkom melihat program ini sebagai salah satu langkah strategis dalam memperkuat kapasitas talenta digital di Indonesia, guna menjawab tuntutan industri yang semakin kompleks dan beragam. Melalui kemitraan yang kuat dengan Google Indonesia, Telkom berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan kompetensi digital, memastikan bahwa talenta Indonesia siap bersaing di panggung global dan memberikan kontribusi signifikan dalam revolusi digital di Indonesia. (*)

Exit mobile version