Teks Foto : Budiman memaparkan materi pada kegiatan peningkatan kapasitas pelaku usaha pemula sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Padang, Rabu (6/11). ALDI
PADANG, HARIANHALUAN.ID — Karakteristik merupakan ciri atau sifat tertentu yang khas seseorang wirausaha dan membedakannya yang lainnnya, yakni meliputi kemampuan berpikir positif, mengambil keputusan, manajerial dan kemampuan berkomukasi.
Hal itu disampaikan oleh Budiman saat memaparkan materi kepada peserta kegiatan peningkatan kapasitas pelaku usaha pemula sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Padang, Rabu (6/11/2024).
Kegiatan ini diselenggarakan Dinas Perdagangan, Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagnakerkop UKM) Padang Pariaman ini dilaksanakan tiga hari, Rabu – Jumat, dengan 30 orang peserta.
Menurut Budiman, cara seorang pelaku usaha melihat sesuatu sangat berpengaruh terhadap cara mereka melihat diri sendiri dan orang lain serta bagaimana cara mereka memperlakukan diri sendiri dan orang lain.
“Jika kita yakin akan sukses, maka seluruh energi akan kita kerahkan untuk mencapai apa yang kita rencanakan,” ujar Budiman.
Pada kesempatan itu Budiman memaparkan motivasi dan teknis pengembangan sumber daya manusia (SDM) pelaku UMKM. Menurut dia, jika seseorang ingin sukses dalam membangun usaha, orang itu harus memiliki visi dan misi yang jelas dan tegas.
“Kalau Anda menginginkan perubahan kecil dalam hidup, ubahlah perilaku Anda. Akan tetapi, jika menginginkan perubahan besar dan mendasar, ubahlah cara berpikir Anda,” Ujar Budiman.
Lebih lanjut, Budiman menjelaskan banyak strategi dan upaya yang bisa dilakukan pelaku usaha dalam meningkatkan usaha, seperti memperluas jangkauan usaha.
“Strategi pertama yang dapat dilakukan adalah dengan memperluas jangkauan usaha atau diversifikasi usaha,” kata Budiman.
Kemudian, mengembangkan kualitas SDM. Kata Budiman, sumber daya manusia adalah penggerak aktivitas bisnis. Tanpa adanya SDM, bisnis apapun tidak akan berjalan.
“Oleh sebab itu, penting untuk selalu
mengembangkan kualitas SDM dalam bisnis,” Ujar Widyaiswara dari Balai Latihan Koperasi dan UMKM Provinsi Sumbar ini.
Hal lain yang tak boleh dilupakan, tambah Budiman, meningkatkan kualitas produk. Peningkatan kualitas produk akan memperoleh loyalitas dari pelanggan.
“Pelanggan akan merasa puas dan nyaman sehingga akan terus membeli dan membeli lagi. Kondisi ini sudah barang tentu akan meningkatkan angka penjualan bisnis. Anda juga dapat memperluas jangkauan usaha,” Ujar Budiman.
Dikatakan, jangkauan pasar yang disasar lebih banyak dan luas. Cara untuk memperluas skala usaha adalah dengan meningkatkan skala produksi, modal, teknologi, tenaga kerja, hingga memperbaiki sistem distribusi dan jaringan usaha. (*)