FOTO-FOTO: Semalam Minang Tempo Dulu yang Mengesankan di Sumarak Nagari Perempuan Saribu Rumah Gadang

HARIANHALUAN.id – Sumarak Nagari Perempuan Saribu Rumah Gadang berlangsung sukses dan memukau pengunjung.

Acara yang digelar di Kawasan Saribu Rumah Gadang Solok Selatan itu berhasil menampilkan budaya Minang tempo dulu, dimana begitu besarnya peran ibu/kaum perempuan Minangkabau dalam kehidupan sehari-hari.

Bupati Solok Selatan H. Khairunas dalam sambutannya pada pembukaan acara Festival Sumarak Nagari Perempuan di Kawasan Saribu Rumah Gadang, Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu, Sabtu (10/12/2022) mengatakan, “Dan malam ini kita merayakan matrilineal itu dalam bentuk kesenian. Dalam bentuk pagelaran. Tentu ini adalah perayaan kebudayaan kita semua.”

Bupati melanjutkan, kesenian ini selain menjadi acuan dan pembelajaran, juga bisa dijadikan untuk menerima substansi kekerabatan menurut garis mandeh atau perempuan.

“Dan di ujung pagelaran ini semestinya muncul pertanyaan; apakah kita masih mempraktikkan matrilineal itu sebagaimana seharusnya? Ataukah budaya matrilineal itu mulai memudar dalam penerapannya?” papar Khairunas.

Untuk itu Bupati menghimbau agar kegiatan ini selain menjadi hiburan juga sebagai pengingat mengenai konkretnya hubungan antara perempuan dan rumah gadang. (*)

Exit mobile version