Wali Nagari Kapalo Koto Diganjar Penghargaan Pendukung Gerakan Zakat Terbanyak

Kontributor Azwar Mardin

Nagari Kapalo Koto

HARIANHALUAN.ID – Bupati Suhatri Bur meresmikan program Baznas Padang Pariaman dan penyerahaan Baznas Award 2023 di Hall IKK Parit Malintang, Selasa (31/1/2023).

Acara tersebut juga dihadiri Ketua Baznas Provinsi Sumatra Barat (Sumbar). Pada acara itu, Baznas memberikan penghargaan kepada Wali Nagari Kapalo Koto, Kecamatan Nan Sabaris, sebagai wali nagari pendukung gerakan zakat terbaik dan terbanyak, serta kepada UPZ nagari sebagai pengerak cinta zakat di Kabupaten Padang Pariaman.

Penghargaan Baznas Award 2023 diserahkan langsung oleh Bupati Padang Pariaman kepada Soni Putra, wali nagari pendukung gerakan zakat dan sebagai Unit Pengumpul Zakat (UPZ) nagari terbanyak di Kabupaten Padang Pariaman.

Sebagai UPZ nagari terbanyak dalam mengumpulkan zakat dari muzaki ranah dan rantau dari PT. Rajut Ananda Hidup Mandiri, Jakarta senilai Rp600 juta, melalui muzaki Hj. Lidesma yang merupakan perantau yang sukses yang berasal dari anak Nagari Kapalo Koto.

Wali Nagari Kapalo Koto, Soni Putra mengucapkan terima kasih banyak kepada muzahik yang telah mempercayai untuk menyalurkan zakat ke badan amil zakat nagari melalui UPZ nagari.

“Terima kasih kepada Pemerintahan Padang Pariaman dan Baznas, serta kepada muzaki dari perantau kami, Ibu Hj Lidesma Madjoali PT Rajut Ananda Hidup Mandiri Jakarta, yang telah mempercayai kepada kami dan Baznas untuk menyalurkan zakatnya,” kata Soni.

Lebih lanjut ia mengatakan, semoga dengan penghargaan ini bisa menjadikan motivasi bagi semua dan rekan-rekan wali nagari se-Kabupaten Padang Pariaman.

Ketua Baznas Rahmat Tk. Sulaiman mengatakan bahwa tahun ini zakat yang masuk ke Baznas, serta melalui UPZ nagari sepanjang tahun 2022 mencapai Rp11 miliar lebih kurang, merupakan pendapatan zakat nilai tertinggi.

Ia menyebutkan, berkat kerja sama dan peran para wali nagari, serta kerja keras para pengurus UPZ nagari melalukan sosialiasi secara langsung kepada para muzaki. Bagaimana potensi zakat dipetakan oleh UPZ, serta pendataan para calon muzahik di lingkungan wilayah kerja masing-masing bergerak dan berjalan dengan baik.

“Selamat kepada para penerima penghargaan lembaga UPZ nagari, UPZ masjid dan kepala OPD Pemkab Padang Pariaman yang telah mendukung gerakan cinta zakat,” tuturnya. (*)

Exit mobile version