Nagari Kuranji Hulu Tebar Benih Ribuan Ikan Gariang dan Nila

Kontributor Zukra

Nagari Kuranji Hulu

HARIANHALUAN.ID – Ribuan benih ikan gariang dan nila disebar di tiga korong yang ada di Nagari Kuranji Hulu dan disaksikan langsung pelepasan dari Dinas Perikan Kabupaten Padang Pariaman, Khairul Nizam, Senin (27/3/2023).

Pada pelepasan itu turut serta Camat Sungai Geringging yang diwakili Syofyan, Bhabinkamtibmas Polsek Sungai Geringging, wali korong se-Kuranji Hulu, Lembaga Nagari Bamus, KAN, LPM, karang taruna, Kelompok Perikanan Nagari Pokdakan Hikmah Palanta, Eki Afdinal, tokoh masyarakat, ninik mamak, alim ulama, cadiak pandai, serta pemuda dan teristimewa Wali Nagari Kuranji Hulu, Salman Hardani Datuak Rajo Harimau.

Penebaran benih ikan dilakukan di sejumlah anak sungai yang ada di tiga korong itu, yaitu Tanjung Alai Barat, Simpang Tanjung Alai, dan Kapalo Padang.

Dinas Perikanan Kabupaten Padang Pariaman, Khairul Nizam mengatakan, kegiatan ini merupakan program percontohan dari Dinas Perikanan untuk nagari dan bisa memanfaatkan sumber yang ada di sekitar Nagari Kuranji Hulu, misalnya perairan.

Terkhusus, katanya, di Kabupaten Padang Pariaman terkenal dengan ikan larangan dan menjaga lokasi anak sungai dari ancaman, misalnya bekas semprot pretisida. Di sisi lain, bisa jadi objek wisata dan bagian inovasi dari pemerintah.

“Sumber dana untuk benih tersebut berasal dari dana desa (DD) sesuai Peraturan Presiden Nomor 104 Tahun 2021 tentang rincian APBN TA 2022. Dana desa/nagari ditentukan pengunaannya dalam program ketahanan pangan dan hewani sebesar 20 persen,” katanya.

Dengan adanya penebaran benih ikan tersebut, Khairul Nizam berharap ikan yang ada di anak sungai juga dapat berkembang biak secara alami, seperti ikan gabus dan udang air tawar dan juga diharapkan dapat menjaga kelestarian habitatnya bersama masyarakat terutama pemuda setempat.

“Untuk panen diadakan lomba pancing dan objek wisata alam, sehingga bisa menghidupkan ekonomi warga setempat dan income nagari,” ucapnya.

Sementara Wali Nagari Kuranji Hulu, Salman Hardani Datuak Rajo Harimau menyebutkan, program tebar benih ikan air tawar ini bekerja sama antara kelompok budidaya ikan dan kenagarian sebagai penyalur.

“Penebaran ikan gariang ini sebanyak 50 ribu ekor dan 20 ribu ikan nila yang disebar di tiga korong tersebut,” tuturnya. (*)

Exit mobile version